Sukses

Kesulitan Air, Warga di Sini Cuci Mobil dengan Mesin Portabel

Di Kamerun, pembatasan air bersih membuat terdapat inovasi baru dalam mencuci mobil yang dapat menghemat energi dan air.

Liputan6.com, Afrika Tengah - Selama ini, orang-orang bisa menunggu hingga berjam-jam untuk membersihkan mobil. Namun, dengan inovasi yang hadir, mencuci mobil hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit saja. 

Salah satu perusahaan di Kamerun, Afrika Tegah, membuat terobosan baru dengan membuat sebuah mesin portabel yang akan mempermudah dalam membersihkan mobil. Layanan tersebut tersedia di Yaoundé, ibukota Kamerun. 

Jasa cuci mobil ini menggunakan tenaga surya serta air lebih sedikit. Jasa tersebut dinyatakan lebih cepat dan efisien daripada metode konvensial dan manual. 

Kamerun sendiri merupakan negara yang membatasi penggunaan air. Sehingga masyarakat harus menghemat pengeluaran air mereka. Biasanya, pencucian mobil harus menghabiskan sekitar 200 liter air, tapi dengan mesin bernama Howash ini, maka hanya diperlukan enam liter air untuk satu mobil. Mesin ini akan hidup selama 25 menit dan otomatis mati jika durasi waktu sudah habis.

Dengan harga kurang lebih Rp 15 ribu, para pelanggan akan dihampiri ke tempat mereka ingin mencuci mobilnya. Howash sendiri telah memiliki sekitar 3000 pelanggan dan terdapat pelanggan baru setiap harinya. 

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.