Sukses

3 Poin Ini Penting Kamu Perhatikan Jika Ingin Jadi Duta Wisata

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagaian anak muda di Indonesia, menjadi duta wisata ( Tourism Ambassador ) adalah impian, selain banyak public figure yang terlahir dari ajang ini tak jarang alumninya juga sukses berkarir di jalur komunikasi seperti public relations, presenter, dan yang lainnya.

Menurut Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Duta Wisata atau Tourism Ambassador adalah sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan di sebuah wilayah dalam menggali, memperkenalkan hingga kemudian menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata daerah.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang duta wisata, ada baiknya kamu perhatikan 3 point penting berikut ini

1. Kepribadian yang positif dan menarik  (Behaviour)

Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang terdiri dari corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan sikap yang melekat pada seseorang jika berhubungan dengan orang lain atau menanggapi suatu keadaan. Seorang calon Duta Wisata harus memiliki kepribadian yang beretika karena nantinya seorang calon duta wisata akan menjadi wakil daerah kota masing-masing untuk berkompetisi ditingkat pusat.

Sebagai Duta Wisata (Tourism Ambassador) pastinya untuk menjadi kepribadian yang baik terlihat dari cara berkomunikasi, bersikap, bergaul dan bertingkah laku.  Semua hal tersebut bisa terlihat pada saat dikarantina.

Keindahan adalah sesuatu yang memberi kita rasa sayang, senang bila melihatnya

2. Rasa percaya diri dan jiwa pemberani (Brave)

Berani di sini harus mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya dan kesulitan. Seorang calon duta wisata harus memiliki keberanian karena calon duta wisata tersebut nantinya yang akan menjadi maskot wisata wakil daerah kota masing-masing. Untuk menjadi seorang duta wisata yang berani pastinya harus memiliki kemampuan akademik dan non akademik.

3. Pembawaan diri yang menarik (Beauty)

Keindahan adalah sesuatu yang memberi kita rasa sayang, senang bila melihatnya. Seorang duta wisata diharapkan memiliki kecantikan dalam dan luar. Luar itu secara fisik dan dalam itu dari hati (Inner Beauty).

Duta wisata harus memiliki beauty itu karena nanti seorang duta wisata menjadi sebagai contoh dalam penampilan perfomance (pembawaan diri) pada setiap even wisata di kota tersebut. Untuk menjadi duta wisata, pastinya perlu daya tampil yang menarik sehingga khalayak umum akan tertarik dengan duta tersebut dan nantinya pula tertarik pada destinasi wisata kota tersebut.

Dengan membaca 3 poin ini, semoga membuka wawasan anak muda bahwa menjadi duta wisata bukan sekedar cantik atau keren tapi juga memiliki 3 poin penting ini. 

Penulis:

Christian Bagoes Prasetyo

Finalis Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina Semarang

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga