Sukses

Seru, Komunitas Ini Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Dasar Laut

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pengibaran bendera Merah Putih menjadi agenda wajib setiap peringatan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Namun, tidak selalu di lapangan, generasi muda saat ini kerap memilih tempat-tempat unik untuk mengibarkan bendera.

Ada yang di puncak gunung dan ada pula yang memilih melaksanakan upacara di atas gedung pencakar langit.

Sejumlah anggota komunitas snorkeling di Yogyakarta pun tidak mau kalah. Untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia, mereka mengibarkan bendera di dasar laut, 14 Agustus 2017 lalu.

Kegiatan dipusatkan di Pantai Nglambor, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Para pesertanya rata-rata berasal dari komunitas Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) juga sejumlah wisatawan. Mereka melengkapi diri dengan sepatu, pelampung, masker, serta snorkel.

Saat gelombang laut sudah mulai tenang, pengibaran bendera dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih yang akan dibawa ke tengah laut.

"Kita sengaja memilih hari Senin, karena saat tanggal 17 Agustus, ombak diperkirakan cukup tinggi. Kami memutuskan upacara hari Senin petang," kata pengurus BNS Dominique Pramudita.

Ia menyatakan, tidak mudah mengibarkan bendera Merah Putih di Samudra Hindia. Besarnya gelombang membuat bendera sulit untuk dikibarkan. Hal itu, menjadi simbol sulitnya meraih kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan.

"Ada pengalaman yang kita petik bahwa perjuangan para pahlawan tidak mudah, maka kemerdekaan yang saat ini kita raih harus diisi dengan kegiatan positif," katanya.

Penyelam lain bernama Adhitya Putratama mengatakan, selain meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air, warga diajak menjaga ekosistem pantai Nglambor. Apalagi selama ini, laut merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Warga juga diajak menanam tumbuhan agar sekitar pantai lebih sejuk. "Kami menanam pohon cemara udang untuk menjaga ekosistem di sekitar pantai, dan untuk perindang juga," kata dia.

Apresiasi dan pengalaman upacara di dalam laut ini datang dari salah seorang wisatawan bernama Santika. Ia mengaku, baru pertama kali ikut pengibaran bendera Merah Putih dengan cara unik tersebut.

"Bangga juga seneng bisa ikut pengibaran bendera di dalam laut. Ini yang pertama kali," katanya.

Seru dan menarik untuk dicoba ya.

Penulis:

Yanuar H

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Aksi Nekat Guru Panjat Tiang Demi Betulkan Bendera Terbalik
Artikel Selanjutnya
Ribuan Warga Bogor Antusias Ikuti Parade Kebinekaan Nusantara