Sukses

UMM Berangkatkan 20 Siswa SMA Ikuti Summer Camp di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberangkatkan 20 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat ke Tiongkok untuk mengikuti Summer Camp. Mereka yang berkesempatan berangkat ke Negeri Tirai Bambu itu merupakan pemenang kompetisi National Chinese Competion, yakni lomba pengetahuan umum Tiongkok yang diadakan UMM bekerjasama dengan Confucius Institute. Kedua puluh siswa SMA itu berhasil menyisihkan 2.369 peserta yang mengikuti lomba.

Selama dua pekan, 24 Juli-6 Agustus 2017, selain mengenal lebih dekat kebudayaan dan bahasa Tiongkok, para pelajar itu bakal diajak mengunjungi sejumlah tempat iconic di Tiongkok, termasuk di antaranya The Great Wall (Tembok Besar China) dan Tiananmen Square. Juga, peserta diajak mengunjungi pameran pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di Tiongkok.

Salah satu peserta, George Geraldo, siswa SMK Kristen Imanuel Pontianak, Kalimantan Barat mengungkapkan rasa syukurnya masuk dalam daftar pelajar yang diberangkatkan.

“Sepulang dari Tiongkok, saya ingin juga memotivasi teman-teman saya untuk juga bisa berangkat ke Tiongkok,” ungkapnya.  

Lomba yang diadakan Februari hingga April 2017 silam ini merupakan program kolaborasi UMM dan Konsulat Jenderal China melalui Confucius Institute. Kompetisi yang kali ketiga diselenggarakan di UMM ini merupakan bentuk kepercayaan Confusius Institute kepada UMM. Hal tersebut lantaran UMM yang telah begitu kooperatif di tiap program yang mengatasnamakan Confucius Institute.

“Selain itu pada kompetisi serupa yang digelar Konsulat Jenderal China di Surabaya akhir tahun lalu, tiga mahasiswa UMM berhasil meraih juara pertama dan ketiga. Bahkan, UMM juga meraih juara untuk kategori perguruan tinggi dengan peserta lomba terbanyak, yakni 332 mahasiwa,” ungkap Asisten Rektor Bidang Kerjasama UMM Suparto dalam kesempatannya menghadiri Closing Ceremony National Chinese Competion 2017.

Sementara koordinator China Corner UMM Karina Sari menerangkan, di akhir tahun 2017, 22 mahasiswa UMM juga akan diberangkatkan ke Tiongkok melalui program yang sama. Kesempatan itu mereka peroleh lewat keikutsertaannya dalam kursus gratis Bahasa Mandarin yang diselenggarakan di China Corner UMM. 

Penulis :

Ade Chandra Sutrisna
Reporter Tim Humas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
33 Negara Ikuti Balap Sepeda Internasional GFNY Indonesia
Artikel Selanjutnya
Bulan Depan, Legenda NBA Sam Perkins Kunjungi Indonesia