Sukses

Aktif di Pramuka Beri Banyak Manfaat bagi Pemuda Ini

Liputan6.com, Jakarta - Praja muda karana atau yang lebih akrab kita kenal dengan pramuka yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Ini merupakan salah satu organisasi yang bergerak dalam pendidikan dengan konsep kepemanduan.

Muhammad Raslan Ar atau yang biasa disapa dengan bang Alan adalah seorang pemuda yang aktif di kegiatan pramuka. Menjadi generasi muda yang aktif di kegiatan pramuka adalah hal yang tidak pernah ia cita-citakan. Sejak kecil, bang Alan selalu bermimpi menjadi seorang polisi.

Diakui pemuda yang hobi main futsal ini, banyak suka-duka yang ia rasakan selama aktif di kegiatan pramuka. Sukanya ketika sedang melaksanakan berbagai kegiatan sementara dukanya ketika harus meninggalkan keluarga.

Ketertarikannya dengan kegiatan pramuka bermula ketika dirinya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler itu di sekolah. Pada saat itu, seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pramuka.

Metode pengajaran yang menggunakan konsep alam bebas dan petualangan, membuat pria tampan asli Balikpapan ini tertarik dengan kegiatan pramuka. Hingga akhirnya dia menganggap pramuka adalah jalan hidupnya.

Berbagai prestasi ia peroleh selama kurang lebih tujuh tahun berkecimpung di kegiatan pramuka

Berbagai prestasi ia peroleh selama kurang lebih tujuh tahun berkecimpung di kegiatan pramuka. Salah satu yang paling ia ingat dan berkesan ialah ketika dirinya menjadi Dewan Kerja Cabang (DKC) masa jabatan 2011-2016 dan Pramuka Garuda Penegak dan Pandega yaitu tingkatan tertinggi dalam setiap golongannya.

Selain menjadi generasi muda yang aktif di kegiatan pramuka, pria tampan kelahiran 10 April 1996 ini juga aktif di dunia seni musik, event organizer, traveling, dan guru sekolah dasar di Balikapapan.

Penulis:

Tri Cahyo Utomo

Finalis Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina Balikpapan 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Pemuda Ini Bantu Tingkatkan Pendapatan Warga Lewat Hidroponik
Artikel Selanjutnya
Yuk, Rangkul Kebaikan Demi Pendidikan Anak Indonesia!