Sukses

Hujan dan Becek, Paskibraka Tetap Semangat Jalani Upacara

Liputan6.com, Balikpapan - Hari Kemerdekaan RI identik dengan upacara bendera dan Paskibraka. Bahkan tiap daerah berusaha menunjukkan penampilan terbaik paskibraka-nya. Tak terkecuali di Balikpapan.

Berlokasi di lapangan Merdeka Balikpapan, upacara bendera dalam rangka memperingati kemerdekaan digelar. Sirine berbunyi sekitar pukul 10.00 waktu setempat, pertanda peringatan detik-detik proklamasi akan dimulai.

Upacara kali ini juga dihadiri oleh Hj.Rizal Effendi SE selaku Walikota Balikpapan serta wakilnya, kapolres setempat, dewan muspida, pegawai negeri sipil, Dandim, Ketua DPR, purna paskibraka serta ribuan warga juga turut memadati area lapangan.

Ada yang berbeda dari upacara peringatan Kemerdekaan kali ini, upacara berlangsung tetap hikmat walaupun diiringi hujan sedari pagi. Senyum menawan tetap terlihat di wajah Paskibraka yang bertugas. Sepatu yang kotor serta baju yang terkena lumpur tak menyurutkan niat mereka untuk melanjutkan tugas. Yang terpenting bagi mereka adalah tetap berkibarnya sang saka merah putih di tengah ribuan warga yang menanti.

Senyum menawan tetap terlihat diwajah Paskibraka yang bertugas

Tidak hanya itu, semua peserta upacara pun tetap berdiri di lapangan meski diguyur hujan. Tepuk tangan meriah dari warga turut mengiringi setiap langkah paskibraka yang sedang bertugas. Rasa bangga hadir dalam diri saya tatkala menyaksikan perjuangan adik asuh paskibraka 2017 ini.

Sebagai seorang purna paskibraka, peristiwa ini mengingatkan kembali perjuangan kami pada tahun 2008 silam. Waktu itu sang saka kami kibarkan bersamaan turunnya hujan. Saya berharap semakin banyak pemuda yang sadar akan sejarah, serta berani mendedikasikan lelahnya untuk bangsa.

Tepuk tangan meriah dari warga turut mengiringi setiap langkah paskibraka yang sedang bertugas

Untuk menjadi seorang paskibraka memang tidaklah mudah, khususnya di kota Balikpapan. Latihan berbulan-bulan menjadi rutinitas setiap hari untuk mencapai hal tersebut. Namun kebanggaan akan hadir dalam diri kita, tatkala kita bisa menjadi salah satu bagian dari Paskibraka.

Penulis:

Muhammad Rifky Maulana G

Finalis Citizen Journalist Academy #EnegiMudaPertamina Balikpapan

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Kala Anggota Paskibraka 2017 Menari dalam Ajang Apel Kebangsaan
Artikel Selanjutnya
Cerita Paskibraka 2017 Asal Kaltim Raih 2 Posisi Terbaik