Sukses

Nyeleneh, Warga Desa Ini Gelar Adu Tangkas Pasang Kain Kafan

Liputan6.com, Jakarta Cara memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) bisa sangat beragam. Salah satu yang paling populer adalah panjat pinang dan lomba balap karung.

Namun, beberapa daerah memilih mengadakan lomba yang bisa dibilang, agak aneh. Seperti yang dilaksanakan warga dusun Cibuntu, Sumedang, Jawa Barat yang menggelar lomba pasang kain kafan.

Seperti yang ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis 17 Agustus 2017, warga tampak berlomba memasang kain kafan. DIsesuaikan dengan tema peringatan HUT ke-72 RI di sana yakni "balap tobat".

Meski terkesan menyeramkan, suasana meriah mewarnai jalannya perlombaan. Gelak tawa dan tepuk tangan warga mewarnai perayaan.

Dalam lomba, satu kelompok terdiri dari empat orang. Satu orang berperan sebagai jenazah, sementara tiga orang lainnya bertugas untuk memasangkan kain kafan.

Perlombaan pun dimulai dengan menyusun kain kafan dan tali pembungkus jenazah. Setelah semua siap, masing-masing kelompok harus memasangkan kain kafan secara baik dan benar. Beda-beda cara dan tahapan yang dilakukan oleh tiap peserta dalam membungkus jenazah.

Meski terbilang nyeleneh, penyelenggara bermaksud menularkan pengetahuan dan ilmu pengurusan jenazah lewat perlombaan. Kriteria penilaian yang diambil adalah pemasangan kain kafan yang benar, rapi dan selesai hingga salat jenazah.

Pada perayaan HUT RI tahun depan, panitia akan kembali menggelar lomba pasang kain kafan ini. Jadi, siapkan keberanian kalau mau ikut lomba ya.

Penulis:

Muhammad Nuramdani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: