Sukses

Salut, Para Pahlawan Kebersihan Gelar Upacara di Tumpukan Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Lokasi pelaksanaan upacara peringatan ulang tahun ke-72 kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-72 RI tidak mesti di lapangan atau halaman sekolah. Sejumlah komunitas justru memilih tempat-tempat unik seperti di puncak gunung atau dasar laut.

Namun bagi pegawai Dinas Lingkungan Hidup (LHK) Sidoarjo, Jawa Timur, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Jabon dinilai cocok menjadi tempat pengibaran bendera Merah Putih. Mereka beralasan, kebersihan merupakan salah satu buah dari kemerdekaan.

Ditemani sejumlah pemulung, suasana upacara pun berlangsung sederhana. Sang Merah Putih dikibarkan di sebuah tiang bambu. Para peserta kebanyakan tidak menggunakan seragam upacara, melainkan hanya pakaian kucel dengan topi caping di kepala.

Slamet Hariyanto selaku inspektur upacara mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Karena menjaga kebersihan adalah salah satu cara menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Selain itu, pihaknya juga mengajak semua anggota dan para pemulung untuk berperan aktif memerangi sampah. Pemulung juga dinilai, menjadi simbol pahlawan dalam memerangi lingkungan yang kurang bersih.

”Kondisi masyarakat sekarang ini sangat kurang peduli pada lingkungan. Kurang peduli terhadap sampah,” katanya.

Jadi, mari memerdekakan diri dengan membersihkan lingkungan dalam HUT ke-72 RI ini.

(Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: