Sukses

Kolaborasi Warga dan Seniman dalam Festival Gang Abdul Jabar #2

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan sebuah jalan kecil dengan lebar hanya 3 meter. Di kiri-kanan jalan, terdapat tembok tinggi yang membuat jalan kecil itu semakin terkesan sempit.

Namun, coba bayangkan lagi jika jalanan sempit berdinding tembok itu disulap menjadi lokasi festival budaya yang atraktif. Tentunya, kesan sempit yang menjemukan itu bisa berubah jadi indah.

Itulah yang akan diwujudkan Komunitas Urban Space Jakarta yang dulunya bernama Begundal itu. Komunitas ini kembali menggelar [Festival Gang Abdul Jabar](/818498 "") #2 di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu 19 Agustus 2017.

Mengusung tema "Warga Merdeka, Warga Mandiri yang Kreatif", komunitas ini akan menampilkan karya-karya monumental hasil kolaborasi antara warga dan komunitas seni. Sebut saja, mural bergambah gajah di tembok rumah atau potret wajah manusia ukuran raksasa.

Selain itu, festival juga akan diramaikan penampilan beberapa kesenian tradisi dari warga setempat. Antara lain tari-tarian tradisi, Khasidah, Hadrah, Lenong Betawi, dan Gambang Kromong.

"Ini akan menjadi salah satu peristiwa budaya yang menarik karena lokalitas kesenian warga setempat akan bersinergi dengan komunitas dan seniman," ungkap ketua komunitas Urban Space Saepul Bahri dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jakarta.

Festival Gang Abdul Jabar juga akan dimeriahkan aksi beberapa seniman dan komunitas seni, antara lain WPAP, Taring Babi, Isrol Media Legal, Sihar Ramses Simatupang, Amien Kamil, Willy Winarko, dan Guzmow. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati aneka ragam kuliner khas Betawi yang dijajakan selama acara berlangsung.

"Acara ini cukup bagus dan menarik. Saya berharap, seni dan budaya bisa mereduksi segala problematika yang kerap terjadi di masyarakat Jakarta yang cukup majemuk ini," kata Bambang Asrini Wijanarko, kurator seni dan penggagas gerakan Kampong Art Attack.

Menarik untuk dikunjungi ya Festival Gang Abdul Jabar #2 ini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Ribuan Warga Bogor Antusias Ikuti Parade Kebinekaan Nusantara
Artikel Selanjutnya
Saksikan Live Streaming Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan