Sukses

Menakjubkan, Penampakan Tak Biasa Rusa Putih Langka

Seekor rusa putih langka tertangkap kamera saat sedang minum di sebuah kolam.

Liputan6.com, Jakarta - Rusa putih langka terlihat di dekat kolam di Varmland County, Swedia, pada 11 Agustus 2017. Seorang pria bernama Hans Nilsson berhasil merekam penampakan tersebut.

Nilsson yang mendeskripsikan dirinya sebagai pencinta alam mengatakan pada Radio Sveriges Swedia bahwa ia telah menghabiskan waktu tiga tahun untuk merekam rusa langka itu. Pekan lalu, ia beruntung saat melihat hewan herbivora itu menyeberang jalan menuju salah satu kolam untuk minum.

Menurut dia, pengalaman yang ia rasakan saat melihat rusa langka itu sama hebatnya dengan melihat seekor macan tutul di Afrika.

"Ketika saya merekam video, semua sedang berada pada keadaan sempurna: lokasi, cahaya, dan ketenangan. Itu adalah pengalaman yang sangat mendebarkan," kata dia seperti dilansir dari Washingtonpost.

Menurut beberapa sumber, rusa putih sangat langka dan hanya ada 50 rusa putih di Varmland barat. Padahal ada paling tidak sekitar 400.000 rusa yang hidup di Swedia.

 

Tidak semua rusa langka itu berwarna putih seluruhnya karena albinisme. Ada pula beberapa ekor rusa yang memiliki bulu berwarna putih diselingi warna cokelat karena persebaran gen resesif mereka.

Menurut National Geographic, warna putih tersebut juga bisa jadi merupakan bentuk seleksi alam karena pemburu biasanya tidak akan membunuh rusa putih. Warna mereka akan membuat pemburu takjub dan memilih membiarkan rusa langka itu hidup bebas. Rusa di Swedia tidak memiliki predator alami kecuali manusia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.