Sukses

UGM Ungguli ITB di Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengumumkan kembali mengumumkan pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2017 bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

"Klasterisasi atau perankingan perguruan tinggi ini ke depan diharapkan dapat menjadikan perguruan tinggi Indonesia semakin berkualitas,” ujar Menristekdikti Muhammad Nasir, di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek Serpong sebagaimana dilansir dari situs dikti.go.id.

Menristekdikti mengatakan, bahwa saat ini telah ada tiga perguruan tinggi Indonesia yang masuk 500 besar dunia yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia.

Dari 14 perguruan tinggi non-politeknik, Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat pertama menggeser Institut Teknologi Bandung. Peringkat kedua ditempati Institut Teknologi Bandung kemudian Institut Pertanian Bogor. Sementara itu, Universitas Indonesia berada di peringkat empat dari 14 14 perguruan tinggi non-politeknik terbaik di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo mengatakan pada tahun ini telah dilakukan penyempurnaan dari tahun sebelumnya. Penyempurnaan tersebut meliputi beberapa perubahan/penambahan indikator sehingga diharapkan komponen utama tersebut dapat lebih mencerminkan kondisi perguruan tinggi Indonesia sesuai dengan cakupan pada masing-masing komponen utama tersebut.

Patdono mengatakan ada tiga indikator baru yang ditambahkan dalam metode klasterisasi tahun ini, yaitu pengabdian kepada masyarakat, Jumlah program studi terakreditasi Internasional dan Jumlah mahasiswa “Dengan adanya perubahan indikator maka akan bertambah pula bobotnya,” ujar Patdono.

Adapun perguruan tinggi non-politeknik yang masuk pada klaster 1 terurut sesuai dengan skornya adalah sebagai berikut :
1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Teknologi Bandung
3. Institut Pertanian Bogor
4. Universitas Indonesia
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
6. Universitas Diponegoro
7. Universitas Airlangga
8. Universitas Brawijaya
9. Universitas Hasanuddin
10. Universitas Negeri Yogyakarta
11. Universitas Sebelas Maret
12. Universitas Andalas
13. Universitas Pendidikan Indonesia
14. Universitas Padjajaran

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Sekolah Internasional di RI Jadi Pilihan Siswa Asia Tenggara
Artikel Selanjutnya
Target SEA Games Meleset, Menpora Dapat Desakan Mundur