Sukses

Zulkifli Hassan Bagi-Bagi Hadiah di Raimuna Nasional IX Pramuka

Ketua MPR Zulkifli Hassan bagi-bagi hadiah di acara Raimuna Nasional IX Pramuka 2017

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan hadir dalam acara jumpa tokoh Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu 19 Agustus 2017. Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan mengajak peserta mengikuti kuis kebangsaan.

Mereka yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan Zulkifli mendapatkan hadiah Rp 500 ribu. Pertanyaan yang diberikan terkait nilai-nilai kebangsaan seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan potensi perekonomian daerah masing-masing.

"Sebelum saya sampaikan materi, siap-siap yah, saya mau kasih kuis," kata Zulkifli Hasan.

Puluhan peserta angkat tangan, kemudian dipilih siapa yang tercepat. Seorang peserta dari Sulawesi Selatan dipilih oleh Zulkifli Hasan. Zulkifli mengatakan, perekonomian di Sulawesi Selatan sudah cukup baik karena berbasis ekonomi kerakyatan sehingga kesenjangan mulai berkurang.

"Pertanyaannya apa sumber mata pencaharian masyarakat Sulawesi Selatan?" tanya dia.

"Sumber mata pencaharian masyarakat Sulawesi Selatan adalah pertanian dan kelautan," jawab peserta. Zulkifli membenarkan jawaban tersebut dan memberikannya hadiah. 

Sama halnya dengan Zulkifli Hasan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI, Ade Supandi juga memberikan pertanyaan pada peserta. Namun pertanyaan yang disampaikan Ade Supandi lebih menjurus pada kemampuan Pramuka dalam hal geografi.

"Jangan sampai orang lain lebih mengenal negara kita. Anak-anak muda seperti adik-adik harus lebih mengenal wilayah Indonesia. Kita harus paham geografi, khususnya wilayah kelautan karena kita tahu wilayah laut kita sangat luas," jelasnya.

Di akhir acara, Zulkifli Hasan dan Ade Supandi ikut foto bersama ribuan peserta sambil meneriakkan "NKRI Harga Mati". Raimuna Nasional adalah pertemuan Pramuka usia 16-25 tahun dari 34 Provinsi dan 514 Kota/Kabupaten di Indonesia. Inilah pertemuan generasi milennial dan generasi z terlengkap di Indonesia. 

Merespons semangat zaman, Kwarnas Gerakan Pramuka era Kak Adhyaksa Dault memiliki tagline "Setiap Pramuka adalah kantor berita". Artinya setiap Pramuka wajib menggunakan media sosialnya untuk membela NKRI, Pancasila dan mempromosikan Indonesia, serta tentunya memberitakan kegiatan Pramuka. Sebagai panduan di media sosial, Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengeluarkan 10 Tugas Pramuka di media sosial.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.