Sukses

Ini Alasan Ribuan Pramuka Pakai Baju Adat di Raimuna Nasional

Ribuan pramuka mempertunjukkan kesenian, budaya, baju adat, lagu daerah, serta kekayaan budaya lain dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan pramuka identik dengan kegiatan-kegiatan di alam. Sebut saja, berkemah atau mengembara di alam liar. Namun, bukan cuma itu, pramuka juga aktif dalam melestarikan budaya bangsa.

Salah satu contoh nyata, lewat festival dan karnaval budaya dalam Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, 20 Agustus 2017 kemarin.

Di lokasi, ribuan pramuka tampak mempertunjukkan kesenian, budaya, baju adat, lagu daerah, serta kekayaan budaya lain dari 34 provinsi dan 514 kota seluruh Indonesia. Mereka juga terlihat membuat kostum yang mencerminkan ikon daerah masing-masing.

Setelah berbaris dengan kostum adat masing-masing, peserta lalu berjalan mengelilingi Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur. Mulai dari lapangan utama dan kembali ke lapangan utama Lagi. Ribuan masyarakat pun datang dan memenuhi sepanjang jalan Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur untuk menyaksikan aksi pramuka ini.

"Ini salah satu rangkaian kegiatan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017. Festival dan Karnaval Budaya menunjukkan kekayaan bangsa indonesia," kata Ketua Dewan Kerja Nasional Yudha saat membuka kegiatan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjelaskan, banyak hal yang bisa didapat dari Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka. Terlebih, berbagai daerah dari seluruh Indonesia dan beberapa negara sahabat berkumpul di Cibubur.

"Di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 15.000 pramuka usia 16-25 tahun ini merasakan benar manfaat bahasa persatuan Indonesia. Di sini perbedaan menjadi kekuatan, lewat pawai budaya, festival kuliner, pentas seni, kerajinan tangan, dan lain-lain," kata Adhyaksa.

Dia menambahkan, anggota pramuka juga bisa belajar langsung mengenai kebhinekaan dalam festival tersebut. Hal itu pun akan menjadi dorongan berkarya dan berprestasi dengan tetap mencintai Indonesia.

Raimuna Nasional sendiri adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dari 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten di Indonesia. Ini merupakan pertemuan generasi milenial dan generasi Z terlengkap di Indonesia.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.