Sukses

Penyakit Langka Buat Bocah Ini Jatuh Lebih dari 100 Kali Sehari

Menderita penyakit langka membuat Kate Gulo (2) tidak dapat berlari dan melompat layaknya anak seusia 2 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang gadis kecil, Kate Gulo (2) terjatuh lebih dari 100 kali dalam sehari bukan karena dirinya ceroboh, melainkan dia mengalami penyakit langka. Kate yang berasal dari Rosemont, Illinois ini didiagnosis dengan kelainan neurologis yang langka dan membuat dirinya sulit untuk mengatur keseimbangan.

"Sebelumnya, dia hanya balita normal," ujar ibu Kate, Teresa Gulo (30), dalam sebuah wawancara dengan SWNS, dikutip dari Inside Edition. 

Kate belajar berjalan sebelum ulang tahun pertamanya dan dia sangat suka berlari, melompat, dan menari. Namun, saat dirinya menginjak 18 bulan, orang tuanya mengatakan bahwa dia kesulitan untuk berjalan dalam garis lurus tanpa terjatuh. Dalam lima menit, dia dapat terjatuh sekitar 10 kali dan wajahnya sering menghantam sudut meja.

"Kami tidak merasa bahwa kami dapat membawanya kemana pun," kata Teresa.

"Jika kami harus pergi ke toko kami harus meletakannya di stroller untuk membawanya," lanjut Teresa.

Lebih lanjut, tangan dan kelopak mata Kate menunjukkan dirinya gelisah. Kerap kali dirinya juga sulit untuk tidur dan memiliki emosi yang tinggi. Seiring berjalannya waktu, Kate tidak bisa merangkak atau duduk tanpa terjatuh.

 

Teresa dan suami pun berpikir bahwa anaknya mungkin tidak dapat berjalan lagi, sebab menurutnya sudah tak terhitung lagi anaknya terjatuh, mungkin telah lebih dari 100 kali. Karena hal tersebut, orangtuanya membawa dirinya ke ruang gawat darurat dan mendapat diagnosis opsoclonus myoclonus syndrome, gangguan yang memengaruhi satu dari satu juta orang.

Setelah menjalani berbagai macam cara, yaitu kemoterapi dan steroid, Kate akhirnya dapat melompat dan berlari layaknya anak 2 tahun. Orangtuanya pun bersyukur karena dokter dapat menyelamatkan Kate. Kini, Kate masih menjalani berbagai rangkaian terapi fisik dan berbicara untuk memastikan bahwa dia dapat melewati semuanya dengan baik.

Orangtua Kate pun menggalang dana untuk pengobatan anaknya di gofundme.com. Dari 50 Ribu Dollar atau sekitar 660 Juta Rupiah mereka telah mendapat $22,841 atau sekitar 300 Juta Rupiah. Orangtuanya pun berharap, Kate dapat menjalani hidup normal dan tidak perlu perawatan lagi.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.