Sukses

Tambah Ilmu Industri Kreatif di Kopdar Perdana EMP Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan - Suasana kantor Digital Innovation Lounge (Dilo) Balikpapan mulai ramai sejak pukul sembilan pagi. Mereka adalah Finalis Terpilih Citizen Journalist Academy(CJA) – Energi Muda Pertamina Balikpapan yang telah terpilih sejak audisi pertengahan Agustus lalu. Para anak muda itu kompak dengan pakaian nuansa merah, putih, dan biru mengadakan meet up pertama.

Hadir di tengah-tengah mereka yakni Muhammad Rachmadana atau akrab disapa Dana sebagai mentor Bisnis Dilo. Dana membagi kisahnya mengenai industri kreatif khususnya di Balikpapan. Dia mengajak para finalis untuk menjadi bagian dari industri kreatif.

“Apalagi sub-sektor kalian yakni video, film, dan fotografi memang sedang berkembang saat ini. Pas sekali jika kalian serius di bidang itu,” ucap Dana. Pria berkacamata itu juga menginspirasi lewat pengalamannya di bidang startup digital.

Misinya adalah menularkan semangat yang sama agar anak muda tidak memiliki mental pegawai. Dijelaskannya, anak muda saat ini lebih mementingkan mencari pekerjaan ketimbang menciptakan sesuatuyaitu lapangan pekerjaan. Padahal kesempatannya terbuka di bidang industri kreatif.

Para finalis CJA yang hadir tampak antusias menyimak sesi creative sharing yang dibawakan Dana. Tanya jawab pun berlangsung santai dan penuh tawa. Terakhir, Dana berpesan agar jangan pernah diam saja jika memiliki ide yang ingin diwujudkan. Itulah gunanya berbagi agar ide bisa menjadi nyata.

Sesi selanjutnya dibawakan Diniy Chusnul Chatimah Mas’ud. Perempuan berjilbab tersebut merupakan creativepreneur sekaligus regional mentor CJA Balikpapan. Diniy yang juga seorang guru muda menginspirasi lewat pengalaman hidupnya yang aktif berorganisasi agar bisa terus berkarya.

Memotivasi seluruh finalis agar tidak mudah menyerah. “Saya berbagi kisah agar kalian semua juga bisa seperti saya, bahkan harus lebih. Selama tiga bulan ke depan kalian yang sekarang pasti lebih beda dan kemampuannya harus meningkat,” ujar Diniy.

Sekitar pukul 11 siang, sesi sharing bersama Dana dan Diniy berakhir. Dilanjutkan pemilihan ketua dan wakil ketua CJA Balikpapan. Sepakat, keluarlah dua nama yakni Muhammad Rifky Maulana sebagai ketua dan Raden Roro Mira Budiasih sebagai wakil ketua.

Terakhir, Diniy berpesan agar seluruh finalis menjaga kekompakan hingga akhir akademi. Tetap menjaga kekeluargaan dan saling berkembang. Dirinya berharap agar para finalis bisa belajar sebanyak-banyaknya dari CJA Energi Muda Pertamina.

 

Penulis :
Raden Roro Mira
Finalis Citizen Journalist Academy
Energi Muda Pertamina - Balikpapan

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
International Eight Festival Siap Kejutkan Wisman
Artikel Selanjutnya
Pekan Pesona Pesantren di Ciamis Jadi Wisata Religi Pilihan