Sukses

Berkumpul dan Belajar Menulis Kreatif di Taman Menteng

Liputan6.com, Jakarta - Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta telah resmi terpilih beberapa minggu lalu. Berbagai agenda pun telah dijadwalkan oleh Coach & Pembina dari Redaksi Liputan6.com dan Indosiar.

Misalnya saja pembuatan artikel “Dream Come True” oleh setiap finalis dalam menceritakan perjuangan dan pencapaian mereka hingga menjadi seorang finalis serta penugasan sosial media dengan tema Kobarkan Kebaikan dari campaign Pertamina dalam rangka HUT Kemerdekaan RI.

Berlokasi di Taman Menteng Jakarta pada Minggu, 20 Agustus 2017, Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina melakukan gathering perdana bersama Pembina dari Tim Redaksi Liputan6.com dan seorang creative writer yang akan bertugas menjadi regional mentor bagi para finalis Jakarta.

Pertemuan yang dilakukan pada Minggu siang pukul 14.00 WIB pun berlangsung sangat seru. Pasalnya peserta diwajibkan mengenakan dresscode merah atau putih karena masih dalam suasana HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya itu, Finalis Energi Muda Pertamina Jakarta juga diharuskan membawa makanan ringan pribadi yang nantinya untuk dimakan bersama.

Tepat pukul 14.40 WIB acara dibuka oleh Sulistyo Hadi selaku Head of Community Liputan6.com sekaligus sosok creator program Citizen Journalist Academy. Sesi sharing kemudian dilanjutkan oleh Jun Joe Winanto seorang Blogger dan Creative Writer yang pernah berkarir menjadi seorang Jurnalis. Pria muda yang akrab dipanggil kak Jun ini akan menjadi mentor regional bagi para finalis di Jakarta.

Satu per satu, artikel yang telah dibuat oleh para finalis mendapatkan review dan penilaian dari Kak Jun.  Selain itu, ia juga memberikan tips dan trik dalam menulis artikel yang baik. Kak Jun juga memberikan koreksi dan masukan terhadap artikel yang telah dibuat oleh finalis agar artikelnya lebih baik.

“Dalam menulis sebaiknya harus didasari dengan perasaan. Usahakan juga tulisan mengalir sesuai perasaan kalian agarbagus dan bermakna,” ujar Kak Jun.

Satu per satu, artikel yang telah dibuat oleh para finalis mendapatkan review dan penilaian dari Kak Jun

Selain banyak mendapatkan masukan berharga dari dua Pembina, ada juga sharing dari kakak pendamping Lasmie dan Nadia Donna dari Tim Komunitas Liputan6.com. Mereka bercerita tentang perjalanan karir yang telah dilalui: berawal dari mahasiswa tanpa background pendidikan komunikasi tapi karena memiliki semangat dan mau belajar menulis akhirnya mendapatkan kepercayaan menjadi reporter kanal Citizen6 Liputan6.com. 

Pemilihan ketua dan wakil Energi Muda Pertamina Jakarta menjadi sesi penutup dalam kopdar perdana kali ini. Terpilih empat mahasiswa sebagai kandidat ketua dan wakil. Mereka adalah Caesar, Leo, Arin dan Erza. Setelah dilakukan voting akhirnya terpilih Caesar dan Erza sebagai ketua dan wakil finalis Jakarta. Acara pun dilanjutkan dengan sesi makan bersama dan foto-foto untuk sosial media.

Penulis:

Heri Kurniawan

Universitas Pertamina

Finalis Citizen Journalist Academy

Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Kinetik, Film Pendek di Balik Kampanye Muda Bergerak
Artikel Selanjutnya
Mau Buat Video Udara Kece? Datangi 5 Tempat Main Drone di Jakarta