Sukses

5 Bahaya Mengintai Kamu Saat Gunakan WiFi Gratis

Ternyata, ada bahaya yang tersembunyi saat kamu sedangan menggunakan WiFi gratis

Liputan6.com, Jakarta - Penerobosan internet di Indonesia memang sedang tinggi-tingginya. Pembangunan infrastruktur internet terus dikejar, kawasan pelosok dan kawasan Indonesia bagian Timur pun menjadi target pembangunan berikutnya.

Sayangnya, jaringan internet broadband yang dibangun belum sepenuhnya mampu menjawab ekspektasi pengguna. Itulah kenapa masih banyak yang berburu area hotspot demi mendapatkan akses internet yang lebih stabil dan lebih cepat, khususnya yang gratisan.

Namun ternyata, ada bahaya yang tersembunyi saat kamu sedangan menggunakan WiFi gratis. Berikut tips menggunakan WiFi gratis agar kamu terhindar dari bahayanya.

Bertransaksi Online

Internet banking dan mobile banking menjanjikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Akan tetapi justru disitulah menariknya transaksi online bagi para penjahat cyber.

Meski internet banking dan mobile banking semakin disempurnakan keamanannya, semua itu akan sia-sia jika kamu tidak berhati-hati saat melakukan transaksi online. Bertransaksi online melalui WiFi gratisan adalah salah satu contohnya. WiFi gratisan biasanya tidak dibangun dengan keamanan tinggi. Itulah kenapa sangat tidak dianjurkan untuk bertransaksi online lewat jaringan ini karena dapat menjadi salah satu bahaya WiFi gratis.

Mengakses Sistem Informasi Online Institusi atau Perusahaan

Kini semakin banyak institusi pemerintah maupun perusahaan yang membangun sistem informasi mereka sendiri. Di sistem informasi inilah mereka menyimpan data-data karyawan hingga data-data sensitif lainnya. Salah satu contohnya adalah sistem informasi akademik mahasiswa. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembobolan akun, sebaiknya hindari mengakses sistem informasi tersebut melalui jaringan WiFi gratis.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/bahaya-wifi-gratisan/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini