Sukses

Juarai Kontes Robot Internasional, Jokowi Apresiasi UMM

Fauzan selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima Apresiasi Ikon Prestasi Indonesia dari Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Malang - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali memperoleh gelar prestisius. Kali ini diberikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi. Fauzan selaku Rektor UMM menerima Apresiasi Ikon Prestasi Indonesia bersama 71 ikon prestasi lain dari seluruh Indonesia dalam perhelatan Festival Prestasi Indonesia di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC).

Festival Prestasi Indonesia merupakan pameran, pagelaran seni, sekaligus ajang penghargaan bagi berbagai kalangan yang dipandang dapat menjadi teladan dan sumber inspirasi masyarakat Indonesia.

Festival tersebut digelar Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). UMM dipilih lantaran tim robot kampus ini memenangi Kontes Robot Internasional di Trinity College, Connecticut Amerika Serikat, pada 1 dan 2 April 2017.

“Penghargaan ini akan menjadi salah satu pemicu terhadap tradisi mutu yang dikembangkan oleh UMM. Tradisi ini tidak hanya dilakukan dosen, melainkan juga mahasiswa. Bagi kami, tiada hari tanpa prestasi, dan tiada prestasi yang tidak dihargai,” kata Fauzan usai menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan diberikan oleh Sony Suharsono, Deputi 3 UKP-PIP yang dalam hal ini mewakili Presiden.

Dalam kontes tersebut, tim robot UMM berhasil mengalahkan finalis dari Kanada, Tiongkok, Israel, Portugal, Uni Emirat Arab, dan tuan rumah Amerika Serikat.

 

Dari kemenangan tim robot di kancah internasional inilah apresiasi ikon prestasi diberikan pada UMM. Dari empat kategori yang ditetapkan panitia, yaitu Saintis dan Innovator, Olahraga, Seni-Budaya, dan Pegiat Sosial, UMM masuk ke dalam kategori Saintis dan Inovator.

Ada dua hal yang menjadi keunggulan robot-robot UMM dalam laga bertajuk Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) itu, yakni kecepatan dan ketepatan. Robot itu dilengkapi dengan sepuluh sensor, yaitu delapan sensor ultrasonic dan dua sensor inframerah sebagai sensor jarak.

Sensor-sensor tersebut memang digunakan untuk mempemudah mendeteksi posisi lilin dan dapat menjangkau lilin dengan cepat dan tepat. Robot yang juga dibekali dengan sensor flame UVTRON R9454 untuk mendeteksi api lilin dan mampu menangkap cahaya ultraviolet dengan jangkauan spectrum 185 nanometer (nm) sampai 260 nm di mana jangkauan itu hanya dimiliki oleh gas api.

Fauzan optimis bahwa UMM dapat terus mendorong dan memfasilitasi pengembangan serta perancangan yang lebih matang dari robot karya Imam Fatoni, Ikhlal Aldhi Wijaya, dan Salis Muchtar Fadhilah itu. Robot-robot itu akan ditampilkan dalam gelaran festival riset yang diselenggarakan di UMM pada akhir tahun ini.

Festival ini adalah sebagai langkah konkret agar hasil riset dan karya mahasiswa UMM dikenal oleh kalangan industri dan pengusaha.

Penulis:

Ade Chandra Sutrisna
Reporter Tim Humas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini