Sukses

Jangan Cuma Gaya, 5 Hal Ini Harus Dilakukan Mahasiswa Baru

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, penyambutan dan pengenalan mahasiswa baru sedang berlangsung di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan tersebut memang selalu dilakukan setiap tahunnya dengan tujuan untuk memperkenalkan dunia perkuliahan kepada para calon mahasiswa. 

Di perguruan tinggi, mahasiswa mungkin tidak lagi merasakan hal yang dilakukan pada saat sekolah. Saat menduduki bangku perkuliahan, banyak hal yang berbeda. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diketahui dan diterapkan sebagai seorang mahasiswa baru.

Berikut lima hal yang harus kamu lakukan sebagai mahasiswa baru, seperti dilansir dari NY Times.  

Memperluas diri dan pergaulan

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus pandai-pandai beradaptasi dengan lingkungan baru. Meskipun sebenarnya hal tersebut membuatmu tidak nyaman. Tantanglah dirimu untuk mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak pernah bahkan tidak mungkin  lakukan saat berada di masa sekolah.

1 dari 5 halaman

Mengerjakan tugas

Mengerjakan tugas

Ketika memasuki atau menghadiri sebuah kelas, usahakan untuk membuat garis besar (kesimpulan) dari buku atau dokumenmu. Hal tersebut akan mempermudahmu nantinya dalam proses belajar mengajar dan mengerjakan tugas. Dan jika kamu merasa kelas anda terlalu sulit untuk ditangani, cobalah mengikuti layanan les gratis.

2 dari 5 halaman

Ikuti peraturan kampus

Pahami sistem yang berlaku di kampus

Ingatlah bahwa kamu merupakan salah satu mahasiwa dari lautan mahasiwa, jadi bersiaplah untuk memperjuangkan
apapun yang kamu butuhkan. Pastikan kamu mengetahui kebijakan-kebijakan yang berada di kampusmu. Dengan mengetahui kebijakan tersebut, kamu dapat dengan mudah melalukan apa yang kamu mau di lingkungan kampus. 

3 dari 5 halaman

Jadi diri sendiri

Jadilah dirimu sendiri

Jangan bandingkan dirimu dengan mahasiswa lain. Sangat mudah untuk merasa tersesat, terutama bila menyangkut akademisi. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki bakat unik.

4 dari 5 halaman

Jangan merasa puas

Jangan merasa puas

Ketika kamu memutuskan untuk memasuki dunia perkuliahan berarti kamu sudah siap untuk tantangan kedepannya. Jangan pernah puas dengan apa yang sudah kamu dapatkan sekarang. Memiliki agenda yang ditetapkan selama empat tahun dalam hidup biasanya tidak berjalan sesuai rencana.

Penulis:

Karen Rudiane

Universitas Pancasila

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Tuntutan Pegawai BNN Tewas ke Suami Cermin Masyarakat Konsumtif?
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit