Sukses

Aviola Putri, Mahasiswa Cantik yang Sukses Bisnis Laundry

Liputan6.com, Jakarta - Besarnya pengeluaran yang dibutuhkan mahasiswa membuat sebagian besar dari mereka memilih berbisnis. Banyak dari mereka memutuska berbisnis online, mulai dari membuka jasa titip hingga dropshipper. 

Namun, selain bisnis online, bisnis lainnya yang biasa dilakukan mahasiswa adalah membuka jasa, seperti jasa mencuci.

Aviola Putri, mahasiswa asal Semarang ini menjadi salah satu mahasiswa yang berbisnis di tengah-tengah kesibukan kuliah. Ia membuka jasa cuci (laundry) bernama Lav Laundry. Vio--sapaannya mengatakan bahwa ia mewujudkan mimpi ayahnya yang ingin sekali mempunyai bisnis laundry.

"Almarhum papaku dari dulu mau banget buka usaha laundry di Bogor, tapi nggak pernah tercapai hingga akhirnya beliau meninggal. Oleh karena itu, aku mau mewujudkan mimpinya," kata Vio.

Alasan tersebut diperkuat oleh dirinya sendiri. Sebagai mahasiswi, Vio merasa bahwa laundry sangat diperlukan. Kebanyakan mahasiswa tidak sempat untuk mencuci bajunya sendiri karena kesibukan di kampus. Awalnya, Vio merasa bahwa bisnis laundry akan sangat menguntungkan. Hanya dengan menerima baju kotor, timbang, cuci dan setrika ia dapat berbalik modal dengan mudah.

Namun, dibalik setiap usaha pasti ada cobaan. Vio awalnya kesulitan untuk mendapatkan modal usaha. Ia berusaha meminjam tetapi tidak ada yang percaya bahwa usahanya tersebut akan sukses. Tidak hanya itu, setelah berhasil mendapatkan modal, usahanya kembali diberi cobaan bahwa salah satu pekerjanya tidak bisa bekerja dikarenakan kecelakaan. 

"Pas semuanya udah aman tinggal launching tiba-tiba salah satu karyawan aku mengabari bahwa dia kecelakaan dan bahunya retak. Alhasil akulah yang menjaga Lav Laundry selama dua hari. So tiring but worth to pay," lanjutnya.

Akhirnya bisnisnya kini terbilang sukses. Ia tidak harus lagi mencari-cari konsumen karena mereka sudah datang dengan sendirinya. Vio berharap kedepannya agar bisa membuka cabang laundry-nya tersebut. 

Penulis:

Nadia Donna

Sahabat Liputan6

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Jenuh Jadi Karyawan, 2 Pria Banting Setir Jadi Pengusaha Camilan
Artikel Selanjutnya
Inul Daratista: Mak, Anakmu Masuk Majalah TIME