Sukses

Bikin Penonton Ketakutan, Ini 5 Bumbu Film Horor yang Selalu Ada

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini banyak bermunculan film horor dari berbagai aliran. Ada Teka-teki Horor, paranormal, horor misteri, sampai komedi horor. Tak hanya film horor mancanegara, film horor lokal pun tak mau kalah berlomba menyajikan cerita yang baru dengan hantu yang lebih menakutkan.

Tak sedikit pula film horor tersebut dibuat ulang demi memuaskan penikmat film horor yang suka memacu adrenalin selagi menonton film horor. Namun, ternyata di balik serunya film horor, terdapat faktor- faktor yang selalu ada yang membuat kita takut sekaligus penasaran menontonya. Berikut contohnya:

1. Kematian

Setiap film horor pasti berkaitan dengan kematian. Kadang sang tokoh berusaha dibunuh oleh pembunuh berantai atau si tokoh kerasukan dan berujung pada kematian. Hal ini tak akan pernah lepas dari film horor. Secara psikologi, manusia sangat takut akan kematian, rasa takut yang kemudian membuat jantung berdegup cepat dan menimbulkan reaksi adrenalin pada otak saat menontonya.

2. Suara dan Musik

Dalam film horor, biasanya disajikan musik-musik bernada rendah, sunyi lalu tiba tiba keras mengagetkan. Bahkan, tak jarang kita tak mendengar apapun kecuali suara langkah atau bunyi engsel pintu. Hal ini dilanjutkan dengan munculnya hantu, pembunuh, atau hal lainya secara tiba-tiba dibarengi dengan suara musik keras yang cukup mengagetkan. Meski telah diduga, namun efek kejut seperti ini selalu berhasil membuat penonton terkaget.

3. Gelap

Film horor selalu identik dengan suasana film yang gelap, warna gambar yang pucat, dan minim cahaya di setiap bagian filmnya. Sedari kecil, kita takut akan gelap. Bukan karena kegelapan itu sendiri, tapi apa yang ada di dalam kegelapan itu. Film horor selalu menyimpan hal yang membuat penasaran di dalam gelap, entah sosok wanita, mahluk halus, atau boneka dibalik kegelapan.

4. Sesuatu yang tak biasa

Sejak kecil manusia sudah takut tentang sesuatu yang tidak semestinya, seperti wajah yang hancur, bentuk tubuh yang aneh, suara yang tak biasa, dan lain sebagainya. Sesuatu yang tak biasa tersebut membuat tidak nyaman, cenderung takut namun penasaran.

5. Tempat angker

Banyak film horor bertemakan tempat angker, legenda masa lalu tentang kejadian di tempat tersebut, dan masih banyak lagi. Dari cerita yang berkembang di kehidupan nyata maupun penguatan cerita di film, membuat pola pikir penontonnya bahwa di tempat tersebut bersembunyi sesuatu yang menunggu mereka.

Penulis:

Darmawan Syawaldi

Sahabat Citizen Journalis Liputan6.com

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Fania Nada Penasaran Ingin Nonton Warkop DKI Reborn Part 2
Artikel Selanjutnya
Baby Driver, Film Kriminal - Musikal dengan Aksi Gila-gilaan