Sukses

Lewat Gapura Digital, Google Berkomitmen Bantu Pelaku UKM

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membantu pertumbuhan pebisnsi skala kecil dan menengah, Google meluncurkan program pelatihan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang diberi nama Gapura Digital. Program pelatihan Gapura Digital ini diharapkan dapat membantu pelaku UKM untuk memanfaatkan internet dalam menjalankan bisnisnya.

"Program ini tak lepas dari komitmen Google untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital di Asia Tenggara," ujar Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen kepada Liputan6.com saat peluncuran program Gapura Digital di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Pelatihan Gapura Digital meliputi kelas-kelas gratis yang bisa dikuti dengan berbagai topik untuk mengenal lebih dalam bagaimana membangun usaha melalui digital. Kelas-kelas ini terbagi menjadi tiga kategori dari siap digital, handal digital dan kelas berbagi.

Sejak diluncurkan pada pertengahan Mei lalu, pelatihan Gapura Digital telah berlangsung di kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Malang, Makassar, dan Jogjakarta. Khusus untuk Jakarta, kelas Gapura Digital telah berlangsung pada delapan kelas angkatan.

"Setidaknya, terdapat empat tujuan untuk komunitas dan pelaku usaha kecil dan menengah. Pertama, meningkatkan pendapatan dan penjuala. Kedua, memperkenalkan merk bisnis lalu memperoleh pelanggan baru dan yang keempat meningkatkan hubungan pelanggan," kata Benyamin Ruslan Naban, mentor pada kelas pelatihan Gapura Digital Jakarta. Pelatihan Gapura Digital yang diampu Ruslan ini berlangsung di kawasan Cikini, Sabtu (26/8/2017).

Komunitas UKM diperkenalkan dengan berbagai macam produk Google untuk membantu mengembangkan usaha. Termasuk bagaimana cara mudah mendaftarkan usaha anda di Google.

Berbicara di depan puluhan komunitas UKM, Ruslan mengingatkan pelaku usaha untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. "Pengalaman saya, testimoni pelanggan merupakan media paling efektif," lanjutnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

Artikel Selanjutnya
Jurus Astragraphia Dorong Industri Printing di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM