Sukses

Yuk Bantu Anugerah, Sekolah Gratis untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Liputan6.com, Jakarta - Di sebuah rumah di kampung pinggiran Kota Solo, tepatnya Kampung Kepoh Tohudan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah tampak beberapa anak sedang belajar. Ternyata bangunan rumah itu adalah Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah, sekolah gratis untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Pendirinya adalah seorang perempun hebat, Bu Eko Setyo Asih, guru Sekolah Luar Biasa di Karanganyar. Beliau mendirikan sekolah ini karena merasa prihatin dengan anak-anak difabel, anak-anak berkebutuhan khusus dari keluarga tak mampu yang tak mendapatkan akses belajar.

Sekolah gratis ini didirikan pada Juni 2010 dan awalnya hanya menerima siswa berkebutuhan khusus di sekitar Solo. Namun, sekarang jumlah siswa Sekolah Anugerah berjumlah 86 orang. Mereka berasal dari berbagai kota, mulai dari Cirebon, Lampung, Palangkaraya dan kota-kota lain.

Dari 86 siswa itu sebanyak 36 anak terpaksa menginap di sekolahan yang sekaligus tempat tinggal Bu Eko. Beberapa orang tua sengaja menitipkan anaknya yang berkebutuhan khusus itu tanpa membayar sama sekali. Kebanyakan mereka menitipkan anaknya ketika uang mereka sudah habis untuk membiayai penyembuhan anaknya.

Karena itu, Bu Eko yang telah mendedikasikan hidupnya untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini harus berusaha untuk terus membiayai sekolah gratis tersebut dengan seluruh gajinya, dan tentu juga bantuan dari donatur yang jumlahnya tidak menentu.

Dalam mengajar ia dibantu tiga orang guru. Selain itu, untuk mengurusi 36 anak yang menginap di rumahnya, ia dibantu seorang pembantu rumah tangga yang menyiapkan makanan untuk anak-anak itu.

Yuk kita bantu anak-anak berkebutuhan khusus ini agar bisa terus belajar dan nantinya bisa mandiri, seperti anak-anak lainnya. Kamu bisa donasi sekarang di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Yuk, Rangkul Kebaikan Demi Pendidikan Anak Indonesia!
Artikel Selanjutnya
Anak Tumbuh Cerdas di Meikarta