Sukses

Balap Liar Dilarang, Jepang Ciptakan Kompetisi Suara Motor Gede

Sebuah kelompok di Jepang membuat instrumen musik dubstep dari suara sepeda motor

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu menyukai sepeda motor dan hal yang berbau Jepang, kamu pasti pernah mendengar istilah Bōsōzoku. Mereka adalah segerombolan biker pemberontak Jepang yang sering dikaitkan dengan sepeda motor yang aneh. Namun kamu pasti belum tahu kalau mereka senang menciptakan musik dari motor mereka.

Gerombolan dari Bōsōzoku ini kerap terlibat dalam kegiatan yang melanggar hukum. Mereka kerap terlibat aktivitas berbahaya dan ilegal, seperti balap liar di jalanan serta membuat suara-suara keras di jalanan.

Namun sejak polisi Jepang mulai menindak aktivitas Bōsōzoku di awal tahun 2000-an, mereka mulai mencari aktivitas baru tanpa melanggar hukum. Akhirnya mereka menemukan aktivitas baru yaitu Bōsōzoku Sound Battles, di mana para peserta saling berkompetisi menciptakan nada-nada dubstep dengan menggunakan throttle dan kopling pada motor mereka.

Ada beberapa video yang memperlihatkan kegiatan sound battle ini yang viral di media sosial. Dan meski pada awalnya kegiatan ini hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi battle sound dari sepeda motor kini kerap dijadikan event.

Video yang viral pun semakin banyak memperlihatkan bagaimana sepeda motor dijadikan untuk membuat instrumen musik. Meski suara yang dihasilkan cukup keras dari motor, tapi banyak orang yang cukup menikmatinya.

Penulis: 

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.