Sukses

Bermimpi, Langkah Awal Gadis Ini Ikuti Citizen Journalist Academy

Liputan6.com, Jakarta Mimpi adalah hal yang pasti dimiliki hampir seluruh manusia. Dengan bermimpi, setiap manusia dapat menentukan langkah sesuai dengan tujuan hidupnya. Seperti yang dialami Erza Nabila.

Gadis ini sejak kecil bermimpi menjadi  seorang presenter, bahkan ia juga bermimpi menjadi seorang dokter gigi. Itulah sebabnya dirinya sangat mengidolakan sosok Tina Talisa. Seorang dokter gigi yang kini menjadi seorang news anchor.

Memiliki latar belakang keluarga besar yang dominan di bidang kesehatan, Erza pun akhirnya memilih jurusan Kesehatan Masyarakat saat kuliah. Di sana, ia belajar basis keilmuan kesehatan dan komunikasi.

Sejak menduduki bangku perkuliahan, Erza memberanikan dirinya berkecimpung di bidang komunikasi. Mulai dari menjadi humas di organisasi fakultas, hingga bergabung menjadi humas sebuah komunitas TV kampus pernah ia lakoni.

Dari dua kegiatan tersebut, ia pun belajar untuk mengenal orang banyak dan belajar mengemas diri. Pembelajaran membuat Erza memberanikan diri untuk tampil di depan umum sebagai seorang pembawa acara, hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

Kegiatan seminar maupun workshop berbau jurnalistik dan presenter kerap ia ikuti di kampusnya. Sayangnya, belum ada keberanian di dirinya kala itu.  Minder menjadi faktor utama saat ia ingin mendaftarkan diri.

Perubahan besar terjadi saat Erza memutuskan untuk bergabung dengan komunitas duta wisata di daerah Bekasi, yaitu Abang-Mpok Kabupaten Bekasi 2016. Bisa dikatakan, dari sinilah dirinya mendapat keyakinan akan kemampuan diri.

Dari yang sebelumnya terkesan menutup diri, sejak saat itu mau belajar untuk lebih terbuka. Ia pun belajar untuk menurunkan rasa tidak percaya diri yang cenderung menghambat langkahnya untuk berkembang.

Pada Oktober 2016, dirinya mendapat kesempatan mengikuti casting sebagai presenter berita dan talkshow program kesehatan di sebuah TV lokal di daerah Bekasi. Ia pun dituntut harus mampu menyampaikan pesan kepada pemirsa melalui sebuah lensa kamera. Merasa kemampuan sebagai seorang presenternya masih jauh dari kata memuaskan, Erza pun terus melakukan evaluasi agar performa sebagai seorang presenter dapat meningkat.

Pada Desember 2016, untuk pertama kalinya ia mengikuti lomba penyiar. Kali ini di sebuah stasiun TV daerah Jawa Barat. Ternyata, keberuntungan berpihak padanya.

Ia mendapat tawaran untuk bergabung sebagai penyiar di stasiun TV tersebut. Di siaran perdana, ketegangan ia rasakan jauh lebih hebat dari siaran di stasiun TV sebelumnya. Namun, ia tetap berusaha menenangkan diri dan fokus pada konten acara serta mengalihkan ketegangan itu pada pemikiran positif.

Selain menjadi penyiar, Erza juga berkesempatan menjadi seorang reporter di stasiun TV tersebut. Melaporkan kejadian secara langsung dari lapangan ternyata tidak semudah yang dibayangan sebelumnya. Konten laporan harus disesuaikan dengan durasi berita yang membuat dirinya harus mampu memuat hal-hal penting dalam durasi singkat.

Memiliki pengalaman sebagai penyiar dan reporter di TV daerah tentu tidak membuat gadis berparas cantik ini berpuas diri. Terus belajar dan mengembangkan diri tetap ia lakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dirinya.

Hal inilah yang mendorong seorang Erza untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Citizen Journalist Academy (CJA) Energi Muda Pertamina 2017. Tuhan mengabulkan keinginannya, ia dinyatakan lolos menjadi finalis CJA 2017. Komitmen untuk memberikan performa terbaik dan konsisten dengan pilihan yang  diambil menjadi pedoman dalam mewujudkan mimpi melalui CJA 2017.

Erza menyadari betapa pentingnya peran media terhadap penyebaran informasi di masyarakat. Karena sejatinya, kontribusi terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan memberikan informasi secara aktual kepada masyarakat. 

Penulis:

Erza Nabila

Universitas Indonesia

Finalis Citizen Journalist Academy

Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Kesuksesan Gadis Ini Dimulai dari Mimpi Besar
Artikel Selanjutnya
Ini Dia 5 Anak Bintang Bollywood yang Raih Sukses Besar