Sukses

Temuan Ribuan Terowongan Misterius, Tempat Sembunyi dari PD III?

Dua ribu Terowongan Erdstall yang ditemukan di Eropa yang belum diketahui fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Di beberapa bagian di benua Eropa, banyak ditemukan terowongan bawah tanah yang menuju tempat rahasia. Beberapa terowongan tersebut malah belum pernah ditemukan sebelumnya.

Beda dengan terowongan yang satu ini. Dikenal dengan nama "Erdstall" yang berarti "tempat di bawah bumi," terowongan ini sangat rendah dan para penjelajah pun harus berjalan membungkuk.

Saking kecilnya, tak hanya membungkuk ada juga yang harus merangkak bila ingin mengeksplorasi terowongan ini. Selain rendah dan kecil, terowongan ini juga begitu sempit dengan tinggi hanya sekitar dua meter. Bahkan terowongan ini bisa lebih panjang dari dua puluh meter.

Penjelajah yang muncul dari lubang vertikal dari Terowongan Erdstall

Terowongan Erdstall dapat ditemukan di seluruh Eropa tengah. Di Bavaria saja, ada sekitar 700 terowongan yang mirip dengan ini. Di Austria, ada sekitar 300 terowongan. Beberapa ditemukan di Prancis, Spanyol dan Inggris. Jika ditotalkan, sekitar 2.000 terowongan diketahui ada di Eropa.

Terowongan Erdstall juga diklaim hanya memiliki pintu masuk tersembunyi yang sempit tanpa ada pintu keluar yang terpisah. Pintu masuk terowongan kadang-kadang terletak di rumah pertanian tua, pemakaman, atau di tengah hutan. Suasana di dalamnya pun gelap dan pengap.

Beberapa Periset yang berada di terowongan ini.

Terowongan ini biasanya berakhir di tempat yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai Schlusskammer atau "ruang akhir." Bahkan periset pun sempat bingung dengan terowongan ini, pasalnya terowongan ini tidak ada tempat akhir dan hanya ada beberapa alat seperti bajak besi dan penggiling dari batu.

Selain itu, tidak ada tanda-tada yang menunjukkan bekas penambangan. Karena ruang yang sangat kecil, jadi tidak mungkin kalau digunakan sebagai gudang bawah tanah. Apalagi ini jelas sekali bukan makam karena juga tidak di temukan sisa jenazah manusia.

Satu-satunya teori yang tersisa adalah tempat persembunyian. Sayangnya ini merupakan persembunyian yang tidak memadai karena tidak ada jalan keluar kedua.

(nd)

Nuraida S Mizaanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.