Sukses

4 Tips Naik Pesawat Bagi Pemula Tanpa Takut dan Grogi

Liputan6.com, Jakarta - Cara naik pesawat untuk pertama kali sangat mudah kok. Jadi, jangan grogi ataupun tegang ya. Sangatlah lumrah jika kalian merasa bingung, terutama bagi yang belum pernah mengurus keberangkatan sendiri.

Ada baiknya memperhatikan beberapa langkah-langkah cara naik pesawat sesuai prosedur, karena memang ada beberapa tips yang perlu dilakukan sebelum sampai di dalam pesawat.

Nah, karena itu kami akan memberikan tips dan langkah-langkah cara naik pesawat dengan benar sesuai dengan prosedur. Berikut ulasannya.

1. Lakukan Check-in dan Cek Kembali Barang Bawaan

Beberapa maskapai bisa melakukan check in online lewat internet, tapi agar lebih pasti tanyakan lagi di counter check in. Atau jika memang membawa bagasi, kalian tetap perlu lakukan check in bagasi. Serahkan tiket yang sesuai tanggal keberangkatan, kartu identitas, atau paspor untuk penerbangan luar negeri.

Pastikan kalian tidak membawa barang yang dilarang di dalam pesawat, dan pastikan berat bagasi tidak melebihi ketentuan yang berlaku. Tiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda mengenai berat bagasi.

Kelebihan biasanya akan dikenakan charge. Berat maksimum bawaan kabin adalah tujuh kg. Tas yang dibawa punya ukuran ketetapan yaitu sekitar 56cm x 36cm x 23cm.

Alat musik apa pun boleh dibawa asalkan dikemas dengan baik dan bisa masuk ke kompartemen bagasi. Segala jenis benda tajam, mudah meledak, balon, dan sebagian jenis bola tiup dilarang masuk ke kabin. Semua cairan seperti Liquid, Aerosol, Gel, disingkat LAG juga tidak diperbolehkan dalam pesawat.

Beberapa jenis LAG boleh dibawa dengan syarat container tidak melebihi 100 ml atau semua cairan ditempatkan di plastik transparan yang tidak melebihi satu liter. Bukan karena apa, tetapi ini sebenarnya adalah antisipasi untuk teroris yang membuat bom dengan cairan.

Setelah proses check-in selesai, maka petugas check-in akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim tag. Pergilah ke bagian counter airpotax untuk membayar tax bandara. Namun beberapa maskapai sekarang ini ada yang sudah menyertakan pajak bandara saat pembelian tiket. Untuk keberangkatan luar negeri, kalian perlu melewati bagian pemeriksaan imigrasi terlebih dahulu.

1 dari 3 halaman

Masuk ke Ruang Tunggu Sebelum Boarding

2. Masuk ke Ruang Tunggu Sebelum Boarding

Perhatikan boarding pass yang didapatkan saat check-in. Di boarding pass kalian akan ada petunjuk ruang dan gate dimana kalian harus menunggu pesawat dan boarding. Perhatikan juga boarding time dan jam terbang pesawat. Jika sudah ketemu, menunggulah dengan tenang di ruang boarding.

Cara naik pesawat sebetulnya sangat mudah jika sudah mengetahui terminal keberangkatan dan boarding gate. Untuk itu, usahakan untuk dapat minimal dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Umumnya kini ada jadwal check in antara 15 menit sampai dengan 30 menit sebelum boarding.

Supaya aman dan tidak perlu antre di konter check in, lakukan check in online di situs maskapai penerbangan yang kamu gunakan seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Garuda dan lainnya.

Saat waktu naik pesawat tiba, semua penumpang akan dipanggil dan bersiap mengantre naik ke pesawat. Penumpang kelas bisnis dan penumpang prioritas seperti manula, orang sakit, ibu hamil atau yang membawa anak-anak biasanya dipersilahkan masuk ke dalam lebih dulu.

Untuk masuk ke dalam pesawat bisa dengan menggunakan garbarata. Namun adakalanya penumpang harus turun ke landasan kemudian naik tangga khusus, atau naik bus yang disediakan maskapai. Carilah tempat duduk sesuai nomor pada boarding pass kalian dan letakkan bawaan kalian di kompartemen di atas tempat duduk dengan rapi.

2 dari 3 halaman

Cara Naik Pesawat Mudah, Ikuti Aturannya

3. Cara Naik Pesawat Mudah, Ikuti Aturannya

Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman dan segera matikan ponsel, kecuali pesawat sedang mengisi bahan bakar, jangan pasang sabuk pengaman dahulu. Duduklah dengan tenang di dalam pesawat dan perhatikan petunjuk keselamatan penerbangan yang akan diperagakan awak kabin sebelum berangkat.

Turunkan sandaran bangku dan jangan mengganggu orang di sebelah kalian. Jangan berjalan di lorong pesawat sebelum tanda sabuk pengaman sudah dimatikan. Pilih tempat duduk yang paling nyaman saat melakukan check in. Jika harus bolak balik ke toilet, kamu sebaiknya memilih tempat duduk dekat lorong.

Saat mendarat, tetaplah duduk sampai tanda mengenakan sabuk pengaman dimatikan. Jangan tergesa – gesa, barulah kemudian kalian bisa berdiri untuk mengambil tas di kabin. Tak perlu terburu – buru untuk turun. Biarkan saja orang di depan kalian untuk jalan terlebih dahulu. Mintalah dengan sopan pada orang di depan kalian, kalau kalian memang ingin berjalan lebih dahulu.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Cara Tepat Bikin Sate Kambing Makin Lembut
Artikel Selanjutnya
Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres