Sukses

Tempat Ini Digelari Desa Terbersih di Asia, Seperti Apa Rupanya?

Desa Mawlynnong di India Timur dikenal sebagai desa terbersih di Asia.

Liputan6.com, Jakarta Desa Mawlynnong di India Timur dikenal sebagai desa terbersih di Asia. Apa yang membuatnya mendapat gelar demikian?

Gelar sebagai desa terbersih tidak diterima oleh Desa Mawlynnong begitu saja. Pada tahun 2005, desa ini digelari sebagai desa terbersih di India oleh Majalah Discover India. Kemudian setelah semakin banyak berbenah, barulah pada tahun 2016 desa ini mendapat gelar sebagai "Desa Terbersih di Asia."

Lantas, bagaimana sebuah desa yang terletak di negara dengan salah satu masalah sanitasi terbesar dapat meraih gelar tersebut? Menurut Deity Bakordor, salah satu penduduk di desa tersebut, setiap lapisan masyarakat di desa itu menjalankan fungsinya masing-masing untuk tetap menjadikan desa mereka agar kebersihannya tetap terjaga.

"Pada pagi hari, semua anak di desa akan menyapu jalanan sebelum berangkat ke sekolah. Mereka juga bertanggung jawab memisahkan sampah organik dengan yang tidak di tempat pembuangan," terang Deity seperti dikutip dari BBC.

Pria itu juga menjelaskan bahwa terdapat pembersihan harian normal untuk anak-anak dan orang dewasa, serta pada hari Sabtu seluruh penduduk desa akan melakukan pekerjaan sosial untuk membersihkan desa bersama-sama.

Tak hanya itu, Deity mengatakan bahwa para wanita memiliki peran penting untuk tetap menjaga kebersihan di desa itu tetap terjaga. Kebersihan di setiap rumah dikomandoi oleh ibu di rumah masing-masing. Mereka bekerja sama dengan seluruh perangkat rumah agar seluruh benda berada pada tempatnya dan terlihat bersih.

"Tiap rumah juga memiliki toilet untuk mendukung program sanitasi dari pemerintah. Anak-anak pun mengikuti aturan kebersihan dengan baik," ujar dia.

Deity menegaskan bahwa tiap orang di desa itu bangga tinggal di sana. Dan untuk menjaga kebanggaan tersebut, mereka selalu berusaha agar kebersihan di desa itu selalu terjaga.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.