Sukses

Pemuda Ini Bantu Tingkatkan Pendapatan Warga Lewat Hidroponik

Liputan6.com, Jakarta - Melihat masyarakat sekitarnya masih kurang dalam hal perekonomian, pria ini terketuk hatinya untuk membantu para masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah. Achmad Zaini, pria 24 tahun asal Jember ini merupakan salah satu agen perubahan bagi teman-teman dan masyarakat sekitarnya. 

Zaini kemudian mengajarkan bertanam secara hidroponik agar masyarakat sekitarnya mendapatkan kemakmuran. Selain menjadi mahasiswa tingkat akhir di Universitas Negeri Jember, ia juga bekerja di salah satu Kelompok Usaha Bersama yang bergerak di bidang Hidroponik.

Karena melihat perekonomian masyarakat yang masih cukup rendah, Zaini dan teman-temannya pun berusaha untuk memberikan pembelajaran bertanam melalui cara hidroponik. Setelah lama bekerja di bidang tanaman hidroponik, Zaini memutuskan untuk membentuk komunitas Generasi Muda Hidroponik (GMH).

Komunitas yang pada awalnya hanya terdiri dari 5 orang saja, kini sudah bayak tersebar di beberapa kecamatan di Jember yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Komunitas yang dibentuk oleh Zaini ini memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar agar menjadi makmur seperti orang sukses lainnya. Untuk memasarkan hasil dari tanaman yang dibuat, GMH telah bekerjasama dengan KUB BT3 dari binaan Bank Indonesia Jember.

"Kami ingin mengangkat derajat masyarakat menengah ke bawah dan juga dapat meningkatkan perekonomian keluarganya," ujarnya.

"Kini kami masih fokus untuk pembuatan sayuran dan buah melon saja," tutup Zaini.

Penulis:

Karen Rudiane

Universitas Pancasila

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Kementerian PUPR Fokus Buat Kota Layak Huni
Artikel Selanjutnya
Memerdekakan Sungai Ciliwung Dari Sampah