Sukses

Asyiknya Berenang Bersama Ubur-Ubur di Pulau Kakaban

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Kakaban memang menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Jika kamu punya kesempatan untuk berlibur ke Kalimantan Timur, maka kamu wajib mampir ke Pulau yang memiliki keindahan alam yang masih asli.

Pulau Kakaban termasuk salah satu dari 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, dengan luas sekitar 774,2 hektar. Kakaban menduduki posisi ke empat setelah Derawan, Maratua, dan Sangalaki sebagai pulau yang terluas di Kepulauan Derawan.

Di sini kamu bisa menyaksikan hal istimewa yang sulit ditemukan di pulau lainnya.

Hal istimewa yang bisa kamu temukan di Pulau ini adalah keberadaan ubur-ubur tanpa sengat di Danau Kakaban. Ubur-ubur tanpa sengat hanya bisa kamu temui di sini atau di Pulau Palau, bagian Kepulauan Mikronesia, Samudra Pasifik.

Dibandingkan dengan Danau Ubur-Ubur di Palau, Danau Kakaban memiliki setidaknya dua keistimewaan. Pertama, dari segi ukuran, Danau Kakaban lebih luas ketimbang Danau Ubur-Ubur di Palau. Luasnya mencapai 390 ha dengan kedalaman maksimal 11 meter.

Kedua, Danau Kakaban memiliki lebih banyak jenis ubur-ubur. Palau hanya mempunyai satu jenis ubur-ubur tanpa sengat, yakni Mastigias yang populer dengan sebutan golden jellyfish alias ubur-ubur emas.

Sementara di Pulau Kakaban, setidaknya ada empat jenis ubur-ubur tanpa sengat yang bersarang di Danau Kakaban. Keempat spesies itu adalah ubur-ubur bulan Aurelia Aurita, ubur-ubur totol Mastigias cf Papua, ubur-ubur kotak Tripedalia Cystophora, dan ubur-ubur terbalik Cassiopea Ornata. Ubur-ubur totol dan ubur-ubur terbalik paling banyak ditemui.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Kepulauan Derawan, Destinasi Cantik Penggoda Wisman Yachter
Artikel Selanjutnya
Pantai Tarimbang, Surga Peselancar di Sumba Timur