Sukses

Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba

Salah satu yang cukup digemari wisatawan lokal saat berkunjung ke Blora yaitu soto Klethuk

Liputan6.com, Jakarta - Blora, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Jati dan Sate ini ternyata punya beragam kuliner khas. Salah satu yang cukup digemari wisatawan lokal saat berkunjung ke Blora, yaitu Soto Klethuk.

Soto klethuk khas Kota Blora sangat enak dan sedap. Dinamakan soto klethuk karena ada bahan pelengkapnya yang terbuat dari ketela yang dipotong dadu kecil-kecil lalu digoreng. Inilah yang dinamakan klethuk. Dinamakan klethuk karena pada waktu dimakan bunyinya klethuk-klethuk.

Soto ini paling enak disajikan panas-panas. Benar-benar segar dan nikmat disantap bersama lauk lain. Seperti kerupuk, tempe goreng, bakwan jagung, perkedel, tahu, ati ampela, atau satai telur puyuh.

Bagi kalian yang ingin membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahannya pun cukup gampang. Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu ayam kampung, air, jahe, kaldu ayam, serai, bumbu dapur, serta beberapa bumbu halus.

Cara membuatnya yaitu direbus ayam, air, serai, daun jeruk, daun salam, dan jahe sampai ayam matang. Angkat ayam, goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir kemudian sisihkan.

Ukur 1.600 ml kaldunya, panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Tuang ke rebusan air kaldu, masukkan garam, gula pasir, dan kaldu ayam. Masak sampai mendidih dan siap disajikan.

Soto klethuk asli Blora ini bisa disajikan menjadi enam porsi dalam sekali masak. Jika kalian menginginkan porsi yang berbeda tinggal menambah atau mengurangi jumlah takaran bahan.

Di Blora, salah satu warung soto klethuk yang tidak pernah sepi yaitu soto klethuk Pak Galo. Soto kletuk Pak Galo terletak di Jalan Gunung Sindoro yang bersimpangan dengan Jl Pemuda Blora.

Kalian bisa menikmati soto klethuk dengan harga Rp 10 ribu per porsi. Soto biasanya disajikan bersama nasi, telur rebus, ayam suwir, dan toge. Selamat mencoba dan menikmati soto klethuk Blora.

Penulis:

Christian Bagoes Prasetyo

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Semarang

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.