Sukses

Inspiratif, Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda Profesional

Derek Rabelo merupakan seorang peselancar muda profesional yang terkenal dan menginspirasi karena keterbatasannya

Liputan6.com, Jakarta Derek Rabelo bukan satu-satunya peselancar yang dapat menaklukkan ombak besar Hawaii. Namun yang pasti, Derek merupakan satu-satunya peselancar profesional muda tunanetra. Ayahnya, Ernesto, merupakan penggemar surfing dan ingin anaknya terus menghormati dan mewarisi bakat pamannya yang peselancar profesional.

Sayangnya, Derek lahir dengan glaukoma kongenital yang mengakibatkan ia tak dapat melihat. Namun keluarga percaya bahwa Derek dapat melakukan apa pun yang ia inginkan, termasuk berselancar.

Sejak usia 2 tahun, Derek sudah sangat familiar dengan pantai. Namun, ia tidak benar-benar menaiki gelombang laut hingga usia 17 tahun saat ayahnya membelikan papan selancar. Ayahnya mengajarkan hal-hal dasar dan mendorongnya untuk terus berlatih.

Setelah Derek berhasil berdiri, ia tahu bahwa harus menjadi peselancar profesional. Derek bergabung dengan sekolah surfing Praia do Morro di mana ia belajar di bawah arahan Fabio Maru.

"Kami pergi ke laut bersama di pagi hari. Namun, dia mengirim saya ke kursus surfing untuk belajar dan berlatih lebih banyak. Saya juga banyak berlatih dengan teman-teman saya. Mereka selalu menganggap saya sama seperti diri mereka sendiri," kata Derek seperti yang dilansir dari Bored Panda.

Mengumpulkan keberanian di papan selancar dan mengatasi ombak kecil merupakan hal yang biasa, tapi mengumpulkan keberanian untuk menantang ombak Pepiline adalah hal yang lain. Derek Rebelo melakukan hal tersebut setelah beberapa bulan belajar surfing.

Ia membuat kagum peselancar profesional lain seperti Kelly Slater dan Mick Fanning. Video mengenai Derek yang menantang ombak di Pipeline menjadi populer di kalangan penggemar olahraga ekstrem.

Meskipun ia tidak bersaing dalam sebuah kompetisi selancar, Derek sudah memenuhi impian dari sang ayah yaitu menjadi peselancar profesional. Ia pun mendapat sponsor dari sebuah brand terkenal dan mendapat biaya untuk berkeliling dunia untuk menaklukkan ombak terbaik.

Derek telah menetapkan tujuannya untuk berselancar. Ia ingin menaklukan Jaws Hawaii, Teahupo'o di Tahiti dan juga ombak besar lainnya di Indonesia. Ia merupakan pemuda yang dapat menginspirasi banyak orang dengan keterbatasannya.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.