Sukses

8 Hal Sepele Ini Ternyata Bikin Kamu Didepak dari Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan kasus sepasang penumpang yang diturunkan dari pesawat secara paksa oleh kru maskapai Citilink di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Penumpang bernama Rimon Sianipar dan Nursyda Sihombing itu terlibat cekcok mulut dengan pramugari terkait barang bawaan mereka yang melebihi ketentuan penerbangan. Tidak terima dirinya ditegur, penumpang ini justru langsung mendorong pramugari tersebut.

Pramugari Citilink itu segera melaporkan kepada kapten pilot yang kemudian mengambil tindakan sesuai prosedur operasi standar (SOP), yakni dengan menurunkan penumpang tersebut. Hal ini dilakukan agar penerbangan dapat segera dilanjutkan, mengingat para penumpang lainnya meminta untuk segera terbang.

Kejadian seperti itu memang sering terjadi, bahkan enggak hanya di Indonesia. Beberapa hal yang berkaitan dengan sopan santun dan kedisiplinan memang harus kamu terapkan di mana saja, termasuk saat menggunakan transportasi publik.

Nah, supaya pengalaman tak menyenangkan tersebut nggak menimpa kamu, yuk ketahui beberapa aturan di pesawat berikut ini:

1. Bau Badan

Bau badan ternyata juga bisa membuat penumpang diusir dari pesawat lho. Beberapa maskapai penerbangan seperti Delta Airlines dan American Airlines memang memiliki perhatian lebih dengan hal ini.

Wangi yang tak sedap memang bisa menggangu penumpang lain yang berada di dalam pesawat. Cara supaya hal ini nggak terjadi ke kamu gampang banget kok. Cukup mandi dan gunakan parfum sebelum melakukan perjalanan. Jangan lupa gunakan pakaian atau kaus kaki yang bersih ya.

1 dari 4 halaman

2. Terlalu Gemuk atau Terlalu Tinggi

Sebagian maskapai penerbangan punya aturan berupa larangan kepada penumpang yang tidak duduk di kursi atau memasang sabuk pengamannya dengan baik. Oleh sebab itu, orang-orang yang tubuhnya terlalu gemuk atau terlalu tinggi bisa saja diusir dari pesawat oleh kru pesawat. Meski terkesan sangat diskriminatif, ketentuan ini dibuat untuk menghindari resiko keamanan penumpang.

2 dari 4 halaman

3. Mabuk di Pesawat

Orang yang sedang mabuk biasanya tak akan menyadari tindakan yang mereka
lakukan bisa saja mengganggu kenyamanan penumpang lain. Orang yang
dalam keadaan tak sepenuhnya sadar ini bisa saja membuat keributan dan
kegaduhan sebelum pesawat lepas landas. Oleh sebab itu, awak kabin
dengan tegas akan langsung mengusir penumpang yang kedapatan mabuk di
pesawat.

3 dari 4 halaman

4. Bayi yang Rewel

Untuk kamu yang punya rencana untuk melakukan penerbangan bersama bayi, baiknya mempersiapkan beberapa hal penting agar mereka tak rewel dan terus menerus menangis di perjalanan. Tentu ada penumpang yang maklum dengan keadaan ini. Namun, tak jarang juga lho ada orang yang merasa terganggu dengan hal tersebut.

Biasanya sih, awak pesawat akan meminta kamu untuk menenangkan si bayi sebelum pesawat lepas landas. Kalau belum berhasil, kamu akan dipersilakan untuk ikut ke jadwal penerbangan berikutnya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
KOLOM BAHASA: 6 Salah Kaprah dalam Berbahasa
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ingin Bahagia, Hindari Hal Ini Saat Bangun Tidur