Sukses

Pecahkan Rekor Dunia, Panjang Kuku Wanita Ini Capai 5,6 Meter

Total panjang kuku di kelima jari tangannya mencapai 5,6 meter. (Doc: Kevin Scott Ramos/Guinness World Records)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita di Texas telah memecahkan rekor memiliki kuku terpanjang di dunia. Total panjang kuku di kelima jari tangannya mencapai 5,6 meter.

Masing-masing kuku di jemari Ayanna Williams panjang kurang dari 1 meter. Dengan rekor yang dimilikinya, seniman kuku dari Houston, Texas ini mencatatkan namanya di Guinness World Records 2018 Edition.

Wanita ini telah menghabiskan setidaknya 23 tahun untuk menumbuhkan kuku-kukunya itu. Baginya, hal yang paling menantang dari memiliki kuku panjang adalah saat menarik celana panjang yang ia pakai.

Ayanna juga menggunakan pengeras dan lapisan tipis akrilik pada kuku-kukunya agar dapat tumbuh kuat. Wanita yang suka menghias kukunya sendiri itu mengaku sangat gembira dan terhormat bisa masuk ke dalam buku rekor dunia.

"Butuh keberanian, disiplin, dan kesabaran untuk menjaganya. Ini juga jadi pelajaran bagi orang-orang bahwa apapun bisa dicapai asal bersabar," ungkap dia seperti dikutip dari Independent.

Untuk merawat kukunya, Ayanna menggunakan sabun anti bakteri dan kuas kuku untuk membersihkannya setiap hari. Untungnya, meski kuku panjang miliknya menarik perhatian banyak orang, teman dan keluarganya menganggapnya normal seperti orang biasa lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.