Sukses

Ribuan Lansia Ikuti Perlombaan Olahraga di Magelang, Masih Kuat?

Ribuan warga lanjut usia berkumpul untuk bertanding dalam berbagai perlombaan dan senam.dalam Festival Ramah Lansia di Magelang.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan atau perlombaan olahraga bukan cuma untuk anak muda. Namun, para lansia juga masih bisa mengikuti pertandingan yang sangat menguras tenaga itu.

Seperti yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Alun-alun Magelang, Jumat 8 September 2017. Mengambil tema Festival Ramah Lansia, ribuan warga lanjut usia itu berkumpul untuk bertanding dalam berbagai perlombaan dan senam.

Tentu saja sebelum kegiatan, para lansia akan melakukan pemanasan dengan Orhiba (Olahraga Hidup Baru). Rangkaian kegiatan ini sangat menarik, karena selain lomba, para lansia dihibur dengan berbagai kegiatan yang unik.

Acara Ramah Lansia ini diselenggarakan oleh Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus (POTLAK) Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kegiatan ini sekaligus menyuburkan Gerakan Ayo Olahraga kepada masyarakat yang ditujukan untuk pra-lansia dan lansia.

Diharapkan acara ramah lansia menjadi ciri khas dari Asdep POTLAK Kemenpora yang dapat disosialisasikan pada Hari Lansia Sedunia setiap 1 Oktober. Mengingat, lansia juga sebagai aset bangsa yang tidak boleh dilupakan.

Penelitian menyebutkan bahwa gaya hidup santai yang dijalani oleh sebagian lansia justru meningkatkan resiko penyakit, pikun dan kematian. Olahraga bagi lansia, selain juga dapat meningkatkan kebugaran dan kegembiraan, bisa memperlambat proses penuaan, osteoporosis dan mencegah timbulnya berbagai rasa malas.

Ketua Umum Yayasan Orhiba Indonesia Widya Mukti menambahkan, olah raga tak harus membutuhkan waktu dan tenaga besar. Dewasa ini banyak olah raga yang ringan dan efektif sehingga bisa dijalankan para lansia.

"Senam Orhiba merupakan olah raga praktis yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja,” kata Widya yang juga berpartisipasi di ajang ini, Rabu,6 September 2017.

Penulis:

Fajar Abrori

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.