Sukses

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Smartphone Cepat Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Pernah nggak kamu menghadapi masalah pada smartphone, baik masalah ringan hingga serius? Terkadang kita tidak tahu dan tidak sadar bahwa apa yang biasa kita lakukan sehari-hari pada smartphone ternyata berakibat buruk. Dampak buruk tersebut bisa berupa baterai yang cepat panas, layar berkedip, ngehang mati-mati sendiri hingga mati total.

Masalah tersebut ternyata disebabkan oleh kebiasaan sepele kita sebagai pengguna smartphone sehari-harinya. Kalau kamu nggak mau masalah tersebut terjadi lagi, maka perhatikan baik-baik lima hal yang biasa kamu lakukan pada smartphone berikut ini.

1. Tidak Menutup Aplikasi Setelah Digunakan

Hampir setiap pengguna Android pasti sering banget melakukan hal ini. Kamu tahu kenapa baterai dan RAM ponsel kamu cepat habis dan juga sering lemot saat dipakai? Bisa jadi inilah penyebabnya, yakni karena banyak aplikasi dan gim yang kamu buka tapi kamu tidak menutupnya lagi setelah tidak digunakan.

Sedikit saran, jika kamu sudah tidak menggunakan aplikasi yang baru kamu buka, sebaiknya tutup semua sehingga baterai dan RAM smartphone tidak cepat terkuras. Karena semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, RAM yang dikonsumsi akan lebih banyak sehingga membuat smartphone kamu lemot. Bukan tidak mungkin kan jadi mengalami kerusakan.

 

 

1 dari 3 halaman

2. Digunakan Saat Baterai Sedang Di-Charge

Tanpa penggunaan sadari, ternyata menggunakan smartphone saat sedang proses pengisian baterai akan membuat kerusakan pada smartphone. Hal ini nggak bisa dianggap remeh karena masalah yang muncul mulai dari masalah ringan seperti smartphone panas, kemudian baterai rusak sehingga tidak bisa di-charge, dan juga berpotensi baterai meledak.

Banyak sekali kasus smartphone meledak yang disebabkan oleh keteledoran pengguna, yakni menggunakannya saat baterai sedang diisi. Jadi, untuk menghindari kerusakan yang berbahaya bagi nyawa, alangkah baiknya kamu tinggalkan kebiasaan sepele ini ya.

3. Tidak Menonaktifkan Fitur Bluetooth, WiFi, dan Lainnya Setelah Dipakai

Yang ketiga juga hal yang sangat sepele, tapi terbilang cukup serius. Kemungkinan besar kamu sering melakukan hal ini, termasuk Jaka sendiri. Namun, setelah mengetahui dampak buruknya, pada akhirnya kita harus berusaha untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

Yang menjadi penyebab kerusakan karena fitur tersebut aktif tidak dalam jangkauan koneksi sehingga sistem berusaha lebih keras untuk mencari koneksi. Dengan begitu, smartphone akan terasa panas, sangat berat diakses, hingga bootloop.

2 dari 3 halaman

4. Sering Digunakan Untuk Main Game dan Internetan

Memang internet dan main gim adalah hal yang paling menyenangkan. Namun, jika terus berlangsung tiada henti, maka akan menimbulkan beberapa masalah. Karena pada umumnya gim dan internetlah yang paling banyak menguras baterai dan kapasitas RAM sehingga akan membuat baterai cepat panas dan lemot saat kamu pakai karena prosesor berkerja terlalu keras.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/hal-berbahaya-untuk-smartphone/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Bahagia? Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Bangun Tidur
Artikel Selanjutnya
Cara Termudah Usir Stres Detik Ini Juga