Sukses

i-Radio Sapu Bersih, Ajak Masyarakat Sadar Kebersihan Saat CFD

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar seratus orang peserta i-Radio Sapu Bersih terlihat kompak memakai baju merah untuk beraksi memunguti sampah di sekitar kawasan Sudirman hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Minggu (11/9/2017).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Acara dimulai dengan membagi peserta dalam beberapa kelompok, di mana masing-masing kelompok mempunyai satu koordinator. Selanjutnya mereka mengikuti briefing dan dibagikan kantong plastik hitam besar sebelum menyebar ke area yang ditentukan untuk memunguti sampah.

Salah satu peserta, Faisal mengaku senang bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan ini. "Acaranya inspiratif, senang bisa ikut membersihkan ibu kota tercinta ini," katanya.

Acara dimulai dengan membagi peserta dalam beberapa kelompok. Dimana masing-masing kelompok mempunyai satu koordinator.

Sementara itu, Program Director i-Radio Jakarta, Tio Prasetyo Utomo menjelaskan bahwa i-Radio Sapu Bersih adalah acara yang telah rutin digelar tiga bulan sekali sejak 2016, dan mengajak pendengar untuk membersihkan sampah di sekitar Bundaran HI Jakarta, pada saat Car Free Day (CFD).

"Masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan saat CFD. Maka dari itu, kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan," kata Tio saat ditemui disela-sela acara.

Sementara itu, Program Director i-Radio Jakarta Tyo Prasetyo Utomo menjelaskan bahwa i-Radio Sapu Bersih adalah acara yang telah rutin digelar 3 bulan sekali sejak 2016

Acara sapu bersih juga disambut baik oleh Wakil Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Ali Maulana Hakim.

"Acara ini harus tetap berkelanjutan, saya kira ada harapan agar Jakarta bebas sampah di tahun 2020," ujarnya ketika memberikan sambutan di depan para peserta.

Acara ini harus tetap berkelanjutan,saya kira ada harapan agar jakarta bebas sampah di tahun 2020

Di akhir acara, seluruh peserta mengumpulkan puluhan kantung plastik besar yang berisikan sampah dan membuangnya ke dalam truk yang sudah disediakan. Diharapkan kegiatan i-Radio Sapu Bersih bisa menjadi contoh bagi media lainnya. Sebab, media menjadi saluran efektif untuk meyuarakan kebersihan. 

Penulis:

Latif Munawar - Universitas Moestopo Beragama.

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

 

Artikel Selanjutnya
Memerdekakan Sungai Ciliwung Dari Sampah
Artikel Selanjutnya
Garuk Sampah, Gerakan Peduli Kebersihan di Yogyakarta