Sukses

6 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Lembaga amal Charities Aid Foundation (CAF) mengumumkan negara paling dermawan sedunia melalui survei yang melibatkan 139 negara.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah lembaga amal yang bertempat di London, Inggris baru-baru ini mengeluarkan ranking negara dengan penduduk paling dermawan sedunia. Di situs resminya, lembaga amal Charities Aid Foundation (CAF) tersebut telah mengumpulkan data dari 139 negara yang disebut mencakup 95 persen penduduk dunia.

"Pertanyaan yang digunakan dalam penilaian berfokus pada hal universal, seperti apakah kita memberi uang atau waktu, atau apakah kita membantu orang asing yang membutuhkan. Mungkin kita terjebak pada pandangan tradisional yang menghubungankan antara kekayaan dan kemurahan hati. Yang pasti adalah kita semua pasti tahu, bahwa memberi adalah tentang semangat dan motivasi batin, bukan kekayaan, " kata Sir John Low, Chief Executive Charities Aid Foundation. 

Berikut deretan negara dengan penduduk paling dermawan, seperti dilansir dari Deutsche Welle dan Charities Aid Foundation:

6. Australia

Sebanyak 63% penduduk Australia rutin menyumbangkan uang selama tahun 2016. Secara total jumlah uang yang disumbangkan mencapai 12 miliar US Dollar. Meski tergolong ramah dan gemar membantu orang asing (66 persen), tidak banyak warga Australia yang rela meluangkan waktu untuk kegiatan sosial (40 persen).

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam berada di peringkat ke-5. Hasil survei menyebutkan, hanya 56 persen penduduk yang menyisakan uang buat sumbangan, dan lebih sedikit lagi yang bersedia meluangkan waktu untuk kegiatan sosial (41 persen). Namun 73 persen penduduknya mengaku siap membantu orang tak dikenal jika diperlukan.

4. Selandia Baru

Seperti negara tetangganya Australia, Selandia baru menduduki posisi negara berpenduduk paling dermawan. Setidaknya 65 persen penduduk Selandia Baru aktif memberi sumbangan dan membantu orang asing. Namun, hanya 41 persen warga negeri pulau itu yang bersedia bekerja secara sukarela dalam kegiatan sosial.

3 dari 4 halaman

3. Kenya

Tenar sebagai negara asal ayah mantan presiden Amerika Serikat, Obama, Kenya masuk dalam daftar negara dermawan. Sebanyak 52 persen warga negara di benua Afrika mengaku memberi donasi berupa materi dan 51 persen mendonasikan waktu luangnya untuk kegiatan sosial. Lebih dari sepertiga penduduk Kenya membantu orang yang tak dikenal, yang mencapai skor 76 persen.

2. Indonesia

Dari sisi kedermawanan, penduduk Indonesia mengalahkan Amerika Serikat dan Australia. Dibandingkan dua negara itu, lebih banyak penduduk Indonesia yang menyumbangkan uang secara rutin yakni sebanyak 79 persen, dan separuhnya mau bekerja secara sukarela 55 persen. Namun, berbeda dengan persepsi penduk Indonesia yang gemar menolong, hanya 47 persen warga yang bersedia membantu orang tak dikenal.

4 dari 4 halaman

1. Myanmar

Sebagai sesama negara ASEAN, sebanyak 35,6 juta penduduk Myanamar atau sekitar 91 persen mengaku menyumbangkan uang buat kaum miskin selama 2016. Separuh penduduknya, atau 51 persen meluangkan waktu pribadi untuk terlibat dalam kegiatan sosial secara sukarela.

Dalam hal membantu orang tak dikenal, Myanmar juga tergolong yang paling tinggi, yakni 53 persen. Menurut CAF, selama empat tahun berturut-turut negara Myanmar terus bertengger di posisi teratas sebagai negara paling dermawan sedunia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.