Sukses

Misteri 50 Kambing di Gunungkidul Mati Kehabisan Darah, Vampir?

Puluhan kambing milik warga di Gunungkidul mati kehabisan darah dengan luka gigitan di bagian leher seperti digigit vampir.

Liputan6.com, Jakarta - Vampir identik dengan makhluk gaib penghisap darah. Dalam buku-buku maupun film bergenre horor, vampir dilambangkan dengan sesosok mayat hidup bergigi taring panjang. 

Taring panjang itu digunakan si vampir untuk menggigit leher, lalu menghisap darah mangsanya hingga habis.

Namun ternyata, makhluk penghisap darah bukan cuma ada dalam film dan buku cerita. Baru-baru ini, warga Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dihebohkan dengan matinya sejumlah kambing karena kehabisan darah. Di bagian leher tiap kambing yang mati, ditemukan luka gigitan makhluk misterius.

Suraji, pemilik kambing di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul itu mengatakan, semua kambing miliknya mati di dalam kandang. Letak kandang yang ada di tengah ladang sekitar 3 km dari rumahnya itu, diisi delapan kambing dan seekor sapi.

"Dari delapan kambing, ada tujuh ekor yang dimangsa, satu ekor luka di kaki dengan keadaan sudah lemas. Kalau sapinya enggak diserang," katanya, Minggu, 10 September 2017.

Ia mengaku telah berupaya keras agar kambing-kambing miliknya tidak dimangsa binatang buas dengan memasang pagar dari kayu dan bambu. Namun, upaya itu percuma, kambing-kambing miliknya tetap dimangsa hewan liar yang meninggalkan bekas jejak kaki kecil.

Anehnya sebagian besar tubuh kambing dibiarkan utuh, hanya beberapa bagian tubuh saja yang dimangsa. Selain itu, terdapat luka khas di bagian leher yang membuat kambing-kambing itu kehabisan darah.

"Sepertinya binatang pemangsa itu berjumlah puluhan, dan jejaknya itu kecil-kecil mengarah ke perbukitan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, mengaku, belum bisa memastikan jenis makhluk pemangsa kambing tersebut. Namun, ia meminta kepada masyarakat untuk ronda dan memasang pagar mengitari kandang. Lokasi kandang juga hendaknya tidak terlalu jauh dari rumah warga.

"Teman-teman juga belum melaporkan sebenarnya itu anjing atau harimau (yang memangsa ternak) juga belum tahu," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Purwodadi Sucipto merinci, total sudah ada 50 ekor kambing milik warga yang dimangsa makhluk misterius itu. Pihaknya meminta masyarakat untuk mengaktifkan ronda agar ulah makhluk bak vampir itu bisa diantisipasi.

Penulis:

Yanuar H

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.