Sukses

Tanpa Disadari, 5 Cara Ini Dilakukan Pemerintah untuk Atur Warga

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat memang sering mengajukan sesuatu yang diinginkan dan terkesan mengatur pemerintah, hingga melakukan sebuah demo demi terwujudnya keinginan mereka. Pemerintah tentu tidak hanya diam. Beberapa program telah direncanakan untuk mengatur masyarakatnya.

Namun, aturan yang ada mungkin akan dibuat dengan berbagai pertimbangan yang sesuai serta tujuan yang baik. Seperti beberapa aturan yang dibuat oleh pemerintah di beberapa negara ini. Video berdurasi kurang dari tujuh menit tersebut memang sengaja dibuat beberapa negara dengan tujuan mempermudah mengatur perilaku masyarakat tanpa mereka sadari.

1. Manipulasi Jalan

Seperti salah satu jalan jembatan yang berbentuk lingkaran di Amerika. Jembatan yang dibuat lurus akan lebih menghemat biaya yang diperlukan, dibandingkan jembatan yang dibuat melingkar. Namun ternyata, hal tersebut memiliki tujuan yang baik bagi pengendara untuk memperlambat laju kendaraannya, seperti naluri saat berkendara.

Jadi, jika melaju di jalur yang seperti ini, pengendara cenderung akan memperlambat laju kendaraannya sehingga dapat muncul perasaan tenteram, adil dan makmur, dan terlebih para pengendara yang melintas bisa menikmati pemandangan di sekelilingnya.

 

1 dari 5 halaman

2. Lampu Biru

Lampu biru pada monitor sebenarnya berbahaya bagi kesehatan mata kamu. Itu sebabnya mengapa smartphone kamu dilengkapi mode malam yang dapat mengurangi efek biru yang berlebihan.

Berdasarkan penelitian, warna biru ternyata dapat mempersulit manusia untuk mengantuk. Itu sebabnya di beberapa terowongan terdapat lampu berwarna biru, agar mencenggah pengemudi mengantuk saat berkendara. Bahkan di Jepang, lampu stasiun kereta dibuat berwarna biru. Lampu berwarna biru itu ternyata dapat mengubah perasaan seseorang menjadi sedikit lebih cerah. Mungkin menurut kamu cara ini hal yang sia-sia, tapi faktanya angka bunuh diri di Jepang menurun sebanyak 84 persen.

2 dari 5 halaman

3. Warna Pink Menenangkan Jiwa

Berdasarkan pengamatan, warna merah jambu dapat menenangkan perasaan. Pemerintah Swiss ternyata memiliki ide unik untuk mengecat tembok penjara dengan warna pink. Tak hanya itu, pakaian yang digunakan para napi pun berwarna merah jambu. Tujuannya agar para penjahat yang berada di dalam penjara senantiasa tenang dan tidak tegang.

3 dari 5 halaman

4. Bundaran Palsu

Trik yang satu ini adalah bundaran jalan palsu. Trik tersebut ternyata memiliki tujuan supaya pengendara tidak kebut-kebutan dan memperlambat kecepatan karena mengira ada bundaran lalu lintas jalan. Selain penggunaan polisi tidur, hal ini juga cukup unik dan bagus untuk diterapkan.

4 dari 5 halaman

5. Mengurangi Jumlah Perokok

Pemerintah Swedia sedang mengurangi jumlah perokok, poster dilarang merokok ditempel di berbagai tempat seperti restoran, mal, pasar, bahkan bar. Tak hanya itu, pemerintah Swedia ingin memperluas larangan merokok di berbagai pelosok tempat agar warganya tidak bisa sembarangan merokok.

Tidak hanya sekadar poster, tapi juga tersedia videotron. Di bagian atas videotrone diletakkan alat pendeteksi asap. Jadi jika ada asap yang tercium, videotron ini akan menampilkan cuplikan orang yang sedang batuk. Seperti menyindir para perokok di sekitarnya.

Penulis:

Karen
Universitas Pancasila 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Ikut Sumbang Pajak, Pembatasan Motor di Sudirman Tak Tepat
Artikel Selanjutnya
Bolehkah Rumah Tinggal Dijadikan Tempat Usaha?