Sukses

4 Rahasia Air Minum dalam Botol Plastik Ini Wajib Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang pasti pernah membeli air mineral kemasan botol, apalagi ketika kamu merasa haus dan tak sedang membawa air minum sendiri dari rumah. Banyak dari kita tidak mengetahui rahasia di balik botol air kemasan yang sering kita beli.

Melansir dari Brightside, berikut penjelasannya.

1. Jika kalian membeli botol air kemasan, maka pastikan botol air tersebut hanya Anda pakai sekali saja.


Faktanya, botol plastik bisa mengandung bahan kimia yang berbahaya. Perhatikan tanda-tanda khusus di bagian bawah botol. Ada gambar segitiga PET bernomor yang menunjukan bahan plastik yang digunakan.

PET atau PETE hanya aman digunakan sekali saja. Hal ini dikarenakan saat terkena oksigen atau suhu tinggi, termasuk panas matahari, botol semacam itu akan mengeluarkan zat beracun yang masuk ke air.

2. Bakteri yang terkandung dalam botol air kemasan yang dipakai berulang-ulang.

 


Meminum air dari botol plastik bekas pakai, sama kotornya dengan menjilat toilet. Menurut penelitian, ini dikarenakan jumlah bakteri yang terkandung dalam botol tersebut.

Terkadang beberapa tangan orang tak higenis menggunakan botol air kemasan. Itu semua dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang cepat dalam botol air kemasan. 

Bahkan dengan mencuci botol secara menyeluruh, kita mungkin masih mengalami keracunan makanan atau bahkan hepatitis A. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan bakteri hidup di leher botol yang tidak bisa dicuci dengan cukup baik. Untuk amannya, alangkah baiknya jika minum air dalam botol menggunakan sedotan.

1 dari 3 halaman

3. Pastikan sumber air yang kalian konsumsi 

Banyak perusahaan suka menyebutkan air kemasan yang mereka produksi bersumber dari aliran air yang bersih. Tetapi patut kita ketahui juga, sebenarnya banyak sekali air berkemasan botol itu sama seperti air kran yang ada di rumah-rumah. 

Karenanya, alangkah baiknya Anda mengetahui sumber air botol plastik kemasan yang Anda minum.

2 dari 3 halaman

4. Tidak begitu sehat

Bahkan terkadang ada kesalah pahaman umum tentang air berkemasan plastik. Faktanya air bekemasan botol bisa jadi sama tak sehatnya dengan minuman besrsoda.

Jadi pastikan kalian tetap cek lebelnya terlebih dahulu!

Penulis: 

Perwira Sakti

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Gunakan 3 Bahan Alami Ini untuk Usir Noda Membandel pada Kloset
Artikel Selanjutnya
Wanita Waspada, Ini 5 Fakta Mencengangkan tentang Hotel