Sukses

Dikira Sudah Punah, 7 Hewan Langka Ini Ditemukan Kembali

Liputan6.com, Jakarta - Lazarus Species merupakan julukan bagi hewan-hewan yang sudah hilang, tapi terkadang secara mengejutkan ditemukan kembali di zaman modern. Dan berikut adalah hewan yang sebelumnya sudah dianggap punah, tapi nyatanya ditemukan kembali.

1. Harimau Jawa

Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) baru-baru ini menemukan sosok yang diduga Harimau Jawa yang terekam kamera sedang memangsa seekor banteng. Harimau Jawa ini sebelumnya sudah dinyatakan punah oleh LIPI. Sebelum kepunahannya, Ujung Kulon memang menjadi salah satu habitat bagi hewan bernama latin Panthera Tigris ini.

2. New Caledonian Crested Gecko

Hewan yang termasuk dalam spesies tokek ini dianggap punah pada tahun 1866. Namun, Tokek Jambul ini ditemukan kembali pada tahun 1994. Bentuk fisik dari tokek ini cukup unik, yaitu memiliki rambut di atas mata menyerupai bulu mata. Tokek ini memiliki banyak warna alami diantaranya abu-abu, coklat, merah, oranye serta kuning dan berbagai corak lainnya.

 

1 dari 3 halaman

3. Takahe Bird

Takahe merupakan jenis burung yang tak bisa terbang. Burung asal Selandia baru ini merupakan jenis burung yang sempat dianggap punah. Burung ini kembali ditemukan pada tahun 1948 dan saat ini hanya berjumlah 200 ekor. Burung ini menjadi salah satu burung terlangka di dunia. Meskipun burung betina mampu bertelur hingga tiga telur, biasanya hanya satu anaknya saja yang mampu bertahan hingga dewasa.

4. Chacoan Peccary

Spesies yang disangka telah punah sejak 10 ribu tahun yang lalu ini dengan sangat mengejutkan ditemukan kembali pada tahun 1974. Mereka ditemukan di wilayah Amerika Selatan, tepatnya di Paraguay, Argentina dan juga Bolivia.

2 dari 3 halaman

5.Tree Lobster

Tree lobster atau biasa disebut lobster pohon ini merupakan jenis serangga yang dianggap punah pada tahun 1930. Namun, jenis serangga dengan nama latin Dryococelus Australis ini ditemukan kembali pada tahun 2001. Serangga ini hanya berjumlah 30 saja di dunia, dan mereka termasuk dalam serangga terlangka di dunia. Habitat mereka ada di Ball's Pyramid, Australia.

6. Jurassic Shrimp

Udang satu ini dianggap punah sejak 50 juta tahun yang lalu. Fosil Jurassic Shrimp ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1938, yang memberi harapan bahwa spesies ini masih hidup. Dan spesies tersebut secara mengejutkan muncul di lautan Filiphina pada tahun 1975.

7. Caspian Horse

Kuda kecil ini diperkirakan punah dari 1000 tahun lalu. Namun, beberapa spesies dari kuda ini berhasil ditemukan kembali dan dikembangbiakan pada tahun 1965.

Saat ini ada sekitar 900 ekor Kuda Caspian di dunia. Para sejarahwan mempercayai bahwa kuda caspian merupakan binatang pelihataan milik keluarga kerajaan persia. Kuda tersebut merupakan kuda kecil yang berhasil dikembangbiakan di Iran Utara. Namun, beberapa negara mulai turut serta dalam perkembangbiakan kuda langka ini.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Temuan Mumi 375 Tahun Ungkap Penyakit Hati Tertua di Dunia
Artikel Selanjutnya
Video Ini Buktikan Ular Kecil Mampu Memangsa Ular Besar