Sukses

6 Tradisi Pernikahan Paling Nyeleneh di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral bagi umat manusia. Dalam pernikahan, setiap manusia dipersatukan, meski berbeda agama dan adat.

Penyatuan dua insan dalam pernikahan pun suatu hal yang biasa dirayakan dengan berbagai cara. Kegugupan kedua mempelai pun sudah menjadi hal yang wajar untuk memulai dalam suatu ikatan pernikahan. Nah, tahukah kamu, di dunia ini beberapa negara memiliki tradisi berbeda-beda dalam merayakan pernikahan. Berikut beberapa keunikan dan hal aneh di dunia dalam merayakan pernikahan.

1. Tradisi Berciuman di Swedia

 Tradisi Berciuman di Swedia

Dalam sesi pesta pernikahan di Swedia, kapan pun pengantin pria atau wanita meninggalkan meja mereka, pengantin yang satunya mendapatkan ciuman yang banyak dari para tamu undangan. Apabila sang pengantin pria meninggalkan ruangan, maka setiap tamu pria akan bisa mendapatkan kesempatan untuk mencium sang pengantin wanita dan sebaliknya.

2. Melihat Tanggal baik lewat hati ayam

Melihat Tanggal baik lewat hati ayam (ilutrasi)

Tradisi yang satu ini dilakukan jauh hari sebelum hari pernikahan dimulai. Demi menentukan hari pernikahan, pasangan di Tiongkok atau pedalaman Mongol, harus bersama-sama membelah anak ayam dan mengecek hatinya. Jika dianggap sehat, maka mereka diperbolehkan untuk menentukan tanggal pernikahannya. Jika tidak, maka mereka harus tetap memotong ayam untuk menemukan satu yang sehat. Kalau tidak, maka tidak bisa ditentukan kapan hari pernikahannya.

1 dari 3 halaman

3. Menikah dengan Pohon

Ritual ini ada di India, di mana seorang gadis harus menikah dengan pohon dulu untuk menyingkirkan kutukan. Jika gadis itu tidak menikah dulu dengan pohon, kematian ataupun keburukan akan datang kepada pengantin laki-laki. Setelah gadis itu menikah dengan pohon, langsung pohon itu akan ditebang. Barulah kutukan gadis itu hilang dan bisa menikah dengan pengantian pria.

4. Pengantin baru dilarang untuk ke Kamar Mandi

Pengantin baru dilarang untuk ke Kamar Mandi (ilustrasi)

Jadi, pengantin akan dijebak di dalam sebuah ruangan di mana pengantin akan dikurung seharian, ke kamar mandi pun tak boleh. Tradisi ini ada di Borneo. Ritual ini dipercaya membawa keberuntungan untuk keluarga pengantin suatu hari nanti.

2 dari 3 halaman

5. Perkawinan dengan Roh

Alasan tradisi ini dilaksanakan biasanya untuk mengurangi angka wanita yang belum menikah, melanjutkan garis keturunan keluarga, atau untuk menghindari adik menikah duluan daripada sang kakak.

Menurut tradisi setempat, orang yang sudah meninggal dan belum pernah menikah ataupun bertunangan menjadi hal yang memalukan bagi keluarganya. Selain itu, hal ini juga karena faktor keturunan dari orang yang meninggal karena seseorang yang belum memiliki tunangan ataupun menikah akan menjadi arwah penasaran dan tidak tenang.

6. Penculikan Mempelai wanita 

penculikan mempelai wanita (ilustrasi)

Tradisi penculikan ini ada di Rwanda. Tradisi di mana pengantin wanita akan diculik bahkan sampai diperkosa oleh penculik dan temannya. Pemerkosaan ini bertujuan untuk memastikan wanita tersebut mengajukan pernikahan. Perkawinan tersebut dibarengi dengan sebuah upacara yang berlangsung beberapa hari di mana pengantin laki-laki tersebut meminta orangtua mempelai wanita untuk memaafkan. Sayangnya, tradisi ini hanya membuat wanita ditinggalkan.

Penulis:

Nuraida S Mizanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Tantangan Internet Berujung Maut, Hari Patah Hati Nasional
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ini Harga Fantastis Gaun Raisa