Sukses

Internet Gratis, Warga di Papua Cari Motif Baru Rajutan Noken

Liputan6.com, Jakarta Layanan internet gratis memberikan fungsi beragam bagi setiap penggunanya. Ada yang untuk membantu pekerjaan, membaca berita atau sekadar untuk mengunggah status di media sosial.

Sayangnya tidak semua masyarakat di Indonesia bisa mendapat akses internet, apalagi yang gratis. Misalnya, warga di Papua yang sebagian wilayahnya memang masih terpencil.

Beruntung, warga kampung Enggros, Jayapura, Papua mendapat keistimewaan. Baru-baru ini, layanan internet gratis bisa diakses di kampung itu.

Sebuah tempat umum yang dinamakan Infrau pun menjadi lokasi favorit untuk berselancar di internet. Berada di Dermaga Kampung Enggros, Infrau kampung Enggros biasanya dipenuhi warga dari sore hingga malam.

"Kalau anak-anak sekolah itu, biasanya berkumpul mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIT. Biasanya, anak-anak browsing tugas dari sekolah lewat internet," kata Orgenes Meraudje, Kepala Kampung Enggros, Selasa 12 September 2017.

Sementara para perempuan, selalu berkumpul untuk melihat resep masakan atau mencari tahu obat-obatab herbal di internet. Bahkan, mereka juga kerap mencari motif baru untuk noken agar terlihat modern.

Kampung Enggros di Kota Jayapura, menjadi kampung pertama di Papua, yang memiliki jaringan internet dan WiFi gratis 24 jam untuk warganya.

WiFi dan sambungan internet gratis dipasang pada kampung tersebut sebagai hadiah dari Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Sebab, pada 2016, Kampung Enggros menjadi juara ketiga Lomba Kampung Tingkat Nasional.

Kampung seluas 33,37 hektare dan berpenghuni 135 kepala keluarga ini menjadi kampung tertua di Kota Jayapura.

Kampung Enggros juga biasa disebut dengan kampung terapung. Seluruh infrastruktur di kampung itu menggunakan kayu. Jalan penghubung dari satu rumah ke rumah lainnya menggunakan papan yang disusun berjajar dan membentuk sebuah jalan.

Kampung Enggros terletak di Teluk Youtefa. Kampung Enggros, berbatasan langsung dengan Kampung Tobati. Untuk menuju ke kampung penyedia layanan internet gratis ini, bisa lewat Dermaga Hamadi atau Dermaga Pasar Youtefa di Abepura, Papua.

Penulis:

Katharina Janur

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Segerombolan Anak SD Minta Sepeda ke Jokowi
Artikel Selanjutnya
Korban First Travel Minta Polisi Buka Posko Aduan di Daerah