Sukses

Mahasiswa Tiongkok Ciptakan Helm Cerdas untuk Tunanetra

Mahasiswa asal Tiongkok berhasil menciptakan helm cerdas untuk para tunanetra. Menurut mereka ini bisa membantu mereka dalam aktivitasnya.

Liputan6.com, Tiongkok - Lima mahasiswa asal Tiongkok berhasil menciptakan helm pintar untuk para tunanetra. Mereka menyebutnya helm "Eye See." Menurut mereka helm ini dapat membantu aktivitas para tunanetra yang biasanya hanya dengan rabaan ataupun insting semata.

Para mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi ini mengembangkan helm tersebut kurang lebih selama satu tahun. Mereka mengklaim helm cerdas ini mampu mendeteksi hambatan, mengenali wajah, sekaligus membaca berkat laser dan kamera yang dikembangkan oleh mereka. Dalam helm tersebut, terdapat laser yang mampu mendeteksi bahaya dalam jarak kurang lebih tiga meter bagi pemakainya.

Para Siswa yang berhasil mengembangkan helm Pintar

Dilansir dari CCTV, salah satu pengembang helm, Wang Xinkai mengungkapkan bahwa rdar laser helm itu mampu melakukan pemindaian omni-directional 360 derajat. Hebatnya lagi, dengan kamera yang menempel di helm cerdas itu mampu menangkap wajah melalui audio.

Helm Cerdas ini mampu mendeteksi wajah seseorang

(Nd/Ul)

Penulis:

Nuraida S Mizanto

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.