Sukses

Kreatif, Warga Kampung Ini Ubah Limbah Plastik Jadi Gapura Cantik

Liputan6.com, Jakarta Plastik memang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun jika tidak dikelola dengan baik, sampah atau limbah plastik bisa sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

Sebut saja, limbah plastik yang dibuang sembarangan ke sungai atau saluran air. Lama-kelamaan, limbah plastik itu akan menumpuk dan menyumbat saluran sehingga menyebabkan datangnya banjir.

Makanya, plastik harus dimanfaatkan dengan bijak dan limbahnya juga harus dikelola dengan baik. Seperti yang dilakukan warga kampung Pisang, Makassar. Mereka membuat sebuah gapura dari bahan limbah plastik.

Hanya berlangsung beberapa hari, mereka dengan maraton mengumpulkan ribuan sampah plastik yang ada di sekitar lingkungannya. Kemudian, sampah itu dibersihkan dan dibentuk menjadi sebuah gapura lorong yang cantik.

"Masyarakat lorong Kampung Pisang lakukan itu dengan sukarela. Mereka sadar bagaimana menciptakan lingkungan rumahnya menjadi bersih dan sehat," kata Andi Rina Pallawagau, Lurah Kampung Pisang kepada Liputan6.com, Jumat, 8 September 2017.

Ide pembuatan gapura dari limbah gelas plastik itu, diakui Rina berasal dari masyarakat lorong Kelurahan Kampung Pisang sendiri. Mereka memanfaatkan limbah plastik yang biasanya dibuang di jalan oleh warga yang tak sadar lingkungan menjadi suatu kreasi unik yang menarik.

Ia berharap apa yang telah dilakukan masyarakat lorong Kelurahan Kampung Pisang dapat memotivasi masyarakat Kota Makassar pada umumnya untuk melakukan hal yang sama dalam rangka menciptakan Makassar menjadi kota bersih.

"Apa pun hal positif yang dirancang oleh pemerintah tanpa keterlibatan dan peran serta masyarakat itu mustahil. Sehingga apa yang telah dilakukan masyarakat Kampung Pisang patut menjadi contoh dan motivasi masyarakat Kota Makassar lainnya," Rina berharap.

Rina mengaku bangga dengan kreativitas warganya yang bisa membuat karya cantik dari limbah plastik ini sebagai bukti dukungan terwujudnya misi Wali Kota Makassar Moh. Romdhan Pomanto dalam menciptakan Makassar berkali-kali lebih baik dari apa yang sudah ada sebelumnya.

Penulis:

Eka Hakim

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Pengaspalan Jalan di Bekasi Ini Pakai Sampah Plastik