Sukses

Tak Disangka, Programmer Pertama di Dunia Ternyata Wanita

Liputan6.com, Jakarta - Apabila kita berbicara mengenai dunia komputer dan teknologi, pasti nama-nama yang akan muncul adalah Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg dan lainnya. Namun bila kita berbicara mengenai komputer pasti yang muncul adalah penumu komputer pertama yaitu Charles Babbage atau Alan Turing. Namun tahukah kamu siapa programmer pertama di dunia?

Tak ada yang menyangka bahwa programmer pertama di dunia adalah seorang wanita. Ia adalah Ada Lovelace atau Ada King dan Countess Lovalace. Ia diketahui merupakan penemu dasar program komputer mekanika pertama pada tahun 1843.

Ada merupakan anak dari Annabella dan Lord Byron yang lahir pada tahun 1815. Lord Byron sendiri merupakan seorang penyair terkenal pada masa itu. Ada pernah mengalami kelumpuhan dan harus berjalan menggunakan kruk di tahun 1831. Annabella melatih anaknya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya daripada otak kanan. Hal ini didukung pula dengan Ada yang menyukai ilmu matematika.

Saat di usia 17 tahun, Ada bertemu denga Charles Babbage atau Bapak Komputer. Saat Babbage membuat Difference Enginea yang mampu melakukan operasi matematika, Ada sangat terkesan dan juga tertarik. Dan Babbage juga kagum dengan kemampuan intelektual dan bakat dari Ada. Babbage pun memberi Ada julukan "The Enchantress of Numbersâ" atau penyihir angka.

Pada tahun 1835, Ada menikah dengan William King, dan di tahun yang sama Ada juga memiliki pekerjaan untuk menerjemahkan artikel dari Luigi Menabrea, seorang matematikawan asal Italia. Ada tidak hanya menerjemahkan artikel tersebut ke dalam Bahasa Inggris, tapi ia pun menambahkan pemikiran serta ide tentang Analytical Engine ciptaan Babbage yang mampu mengerjakan persoalan matematika yang lebih kompleks.

1 dari 2 halaman

Perjalanan Karier Ada

Dan tentu saja hasil dari tulisannya pun lebih panjang tiga kali lipat dari artikel aslinya. Tulisan Ada pun diterbitkan pada tahun 1843 di sebuah jurnal sains Inggris . Ia menggunakan inisial pada tulisan yang dipublikasikan. AALa adalah inisial yang digunakan oleh Ada dan merupakan singkatan dari Augusta Ada Lovelace.

Dalam tulisan yang Ada buat, ia mendiskripsikan bagaimana sebuah kode dapat diciptakan untuk sebuah mesin agar dapat membaca huruf dan simbol lainnya juga angka. Ia pun membuat sebuah teori pada mesin agar bisa mengulang instruksi yang saat ini kita kenal dengan istilah loop. Karena hal tersebutlah Ada dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Ada meninggal pada usia 36 tahun karena kanker rahim dan pendarahan tahun 1852. Karena kontribusi yang diberikan oleh Ada, tahun 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat memberi nama bahasa program komputernya Ada. Tak hanya itu, British Computer Society sejak tahun 2008 juga rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan. Setiap pertengahan Oktober akan digelar Ada Lovelace Day. Acara ini digelar untuk meningkatkan kemampuan tiap wanita di bidang ilmu pengetahuan, teknologi serta matematika.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Eduard Khil, Mr Trololo yang Jadi Google Doodle Hari Ini
Artikel Selanjutnya
Ini Transformasi Wajah Song Joong Ki dari Kecil hingga Sekarang