Sukses

Santap 7 Makanan Ini untuk Miliki Liver yang Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Sering kali kita mengonsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh. Zat berbahaya yang masuk ke tubuh akan diproses oleh liver. Liver juga membantu organ tubuh lainnya dalam membuang sisa-sisa makanan dan zat yang tidak diperlukan bagi tubuh.

Jika kamu sulit untuk turun berat badan, masalah saat datang bulan (seperti, kembung dan payudara sakit), atau kulit yang buruk (seperti, eksim dan jerawat), maka itu tanda bahwa liver sudah kelelahan. 

Di bawah ini ada tujuh bahan makanan yang dapat merangsang kerja liver, membantu membersihkan kotoran, serta menjaga livermu tetap dalam kondisi prima. 

1. Bawang Putih

Mungkin kamu tidak menyukai bawang karena baunya, tapi jangan salah, bawang memiliki zat yang sangat baik bagi livermu. Bawang kaya akan selenium yang dapat meningkatkan efek antioksidan dan mendetoksifikasi untuk tubuhmu.

Bawang juga membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah di hati, karena mengandung arginine dan asam amino. Walaupun kecil, mereka juga mengandung vitamin B6 yang bertindak sebagai agen antiinflamasi dan vitamin C yang melindungi tubuhmu dari oksidasi dan kerusakan sel.

2. Teh Hijau

Teh yang pahit ini mengandung katekin, sejenis antioksidan dan flavonoid penangkal penyakit. Para ilmuwan mengatakan bahwa katekin berfungsi untuk mengurangi lemak, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko kanker. Namun, kamu tidak boleh mengonsumsi teh hijau secara berlebihan, apalagi sampai mengonsumsi sumplemen teh hijau secara berlebihan, karena malah akan menyebabkan kerusakan pada hati karena gagal berfungsi. 

3. Alpukat

Alpukat yang mengandung lemat baik ini sangat disukai oleh liver. Buah ini mengandung glutathione serta vitamin C dan E, yang akan bertindak sebagai antioksidan dan mentralisir radikal bebas serta melindungi sel hati dari kerusakan.

Bahkan, vitamin E dan K yang terkandung di dalamnya, merupakan unsur antiinflamasi yang melindungi liver dari efek berbahaya. Lemak baik di aplukat juga mampu mengatur kadar kolesterol dalam darah.

 

1 dari 3 halaman

4. Kunyit

Bumbu dapur satu ini memiliki zat aktif utama, yaitu kurkumin, antioksidan yang kuat dan zat antiinflamasi. Zat tersebut membantu melindungi saluran empedu, mempercepat aliran empedu, dan membersihkan hati.

Kurkumin juga dapat meremajakan sel liver kita, mencegah racun dan alkohol yang dapat berubah menjadi senyawa berbahaya. Menambahkan kunyit ke dalam makananmu, tidak hanya membuatnya menjadi enak, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Kacang kenari

Kacang ini mengandung arginin serta asam lemak glutathione dan omega 3 yang mendukung fungsi detoksifikasi hati. Kenari juga kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh yang mencegah lemah terakumulasi di liver. Lemak ini juga diperlukan untuk menciptakan membran sel kuat di sekitar sel liver.

 

2 dari 3 halaman

6. Apel

Buah ini kaya akan kandungan pektin yang diperlukan tubuh untuk membersihkan tubuh dan mengeluarkan toksin dari saluran pencernaan. Mereka juga mampu meringankan beban hati agar tidak terlalu bekerja berat.

7. Lemon dan limau

Jeruk ini mengandung banyak vitamin C yang mampu mengubah zat beracun menjadi senyawa yang larut dalam air, sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh. Sedikit lemon atau limau di makanan dan minuman mampu merangsang kerja liver di tubuh.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
6 Cara Sederhana Kuatkan Jantung
Artikel Selanjutnya
Cara Terbaik dan Termudah untuk Mendetoks Tubuh