Sukses

Citizen Journalist Academy, Langkah Awal Gadis Ini Gapai Mimpi

Liputan6.com, Jakarta Melly Denadya, anak muda yang penuh semangat, memiliki rencana, dan strategi hidup untuk mewujudkan mimpinya. Sejak kecil, Melly sudah terbiasa hidup serba kekurangan. Namun hal tersebut justru membawa Melly menjadi pribadi yang dewasa, karena ia selalu yakin bahwa Tuhan akan membantu manusia yang berusaha, kerja keras, dan bertekad baik. Berdoa juga salah satu hal yang selalu Melly lakukan setiap mencoba suatu hal.

Melly mengawali strategi hidupnya dari membentuk diri dengan ikut serta dalam organisasi, menjadi relawan, part time menulis, voulenteer menulis, atau menulis secara sukarela. Cita–cita Melly adalah pergi ke Rusia dan mendakwahkan agama Islam. Melly meyakini setelah menjadi penulis, kemudian jurnalis, ia akan pergi jauh ke Rusia dan mewujudkan mimpi.

Belajar bahasa Rusia dengan kerja keras sangat meyakinan diri Melly bahwa ia mampu melakukannya. Melly sering mendengar orang bilang bahasa Rusia sulit, tapi Melly percaya tidak ada kesulitan jika ia mampu untuk belajar. Banyak yang bertanya pada Melly, “punya mimpi?”, dan ia selalu menjawab, “tentu, pergi ke Rusia”. Jawaban yang ia dapat lagi, “Rusia? Mau jadi komunis?”.

Mendengar itu, tekad Melly soal mimpinya tetap kuat. Melly sadar bahwa mulai dengan menulis dan menjadi jurnalis tidaklah mudah, butuh proses panjang untuk mencapai apa yang belum mampu ia lakukan. Butuh kerja keras dan keinginan kuat pula agar tidak berhenti. Melly pernah sampai di tahap tidak lagi semangat dan jatuh untuk berjuang, namun di titik itu pula Melly terus meyakinkan dirinya untuk terus belajar agar menjadi pribadi yang tangguh.

Di saat semangat mulai menurun karena keinginannya tidak kunjung terwujud, Melly mengaku menemukan solusi terbaik untuk mewujudkan mimpinya, yaitu mengikuti Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina 2017 (CJA). Lagi-lagi Melly menemukan arti dari perjuangan dan proses pembentukan diri. Ia sadar bahwa tidak mudah berada pada garis depan kemenangan untuk mencapai apa yang diinginkan, namun dengan terus berusaha, Melly yakin perjalanan panjang itu akan segera bertemu dengan titik keberhasilan.

Melly mengaku bahwa dari awal ia tahu, menjadi bagian dari CJA bukanlah sesuatu yang mudah, namun ia melawan keraguan dirinya. Melly berusaha menutup mata dan telinga dari suara keputusasaannya. Tidak akan ia sampai kepada mimpinya jika terus takut pada diri sendiri. Ia telah melewati tiga hari untuk berjuang meraih posisi 30 finalis. Melly menjelaskan bahwa ia teringat sebuah kalimat pendek penuh arti, “jadi yang terbaik di setiap pekerjaan.” Melly pun mencoba untuk meraihnya.

Penulis :

Melly Denadya - Universitas Jayabaya Jakarta
Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar
bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos
seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang &
Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Kesuksesan Gadis Ini Dimulai dari Mimpi Besar
Artikel Selanjutnya
Sisi Gelap Michael Jackson Terungkap di Lagu Thriller?