Sukses

Citizen Journalist Academy, Fondasi Kuat Dunia Penyiaran

Liputan6.com, Jakarta Waktu kecil, Maysita memiliki cita-cita yang selalu berubah layaknya anak kecil pada umumnya. Entah menjadi dokter gigi, dosen, ataupun pelukis. Seiring berjalannya waktu dan Maysita beranjak dewasa, ia kemudian sadar bahwa cita-cita adalah suatu pekerjaan yang harus disukai dan dapat dinikmati saat menjalaninya.

Tanpa sengaja Maysita akhirnya menemukan bidang yang ia sukai, yaitu penyiaran. Bidang yang dulunya sama sekali tak pernah terpikir ataupun menarik perhatian Maysita. Namun di kemudian hari justru ia merasa bidang penyiaran begitu menyenangkan dan dapat ia nikmati ketika menjalaninya.

Demi mencapai impian itu, Maysita melanjutkan pendidikannya di STIKOM London School of Public Relation agar mendapat lebih banyak ilmu di bidang penyiaran. Ia juga kemudian bergabung menjadi anggota TV kampus untuk menambah pengalaman dan ilmu.

Maysita juga pernah memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi penyiaran, yaitu Indonesia Broadcasting Expo (IBX) pada tahun 2016. Dengan semangat yang tinggi, ia mengikuti pelatihan dari pembina TV kampus untuk persiapan kompetisi tersebut. Namun Tuhan berkata lain, Maysita dinyatakan tidak lolos dalam kompetisi tersebut.

Walaupun sempat merasa kecewa, Maysita sadar bahwa dirinya harus terus belajar. Ia kemudian mengasah lebih dalam lagi kemampuan edit video sambil mencari peluang lainnya untuk mendapat pengalaman di dunia penyiaran.

Setahun kemudian, Liputan6.com, Indosiar, dan Pertamina membuat program mentorship Citizen Journalist Academy (CJA). CJA mencari 90 mahasiswa kreatif dari Jakarta, Balikpapan dan Semarang yang memiliki minat di bidang videografi, menulis, presenting, dan public relations. Satu kalimat yang terlintas di benak Maysita, inilah fondasi kuat dalam dunia penyiaran. Maysita merasa harus lolos mengikuti program ini.

Seleksi demi seleksi ia lalui. Mulai dari seleksi CV, tes psikologi, hingga wawancara dari coach CJA. Setelah melaluinya, panitia CJA mengirim pesan pada Maysita bahwa ia lolos dan resmi menjadi finalis CJA-Jakarta. Maysita akhirnya sadar bahwa dari kegagalan yang ia lalui dengan ikhlas, usahanya tidak pernah membohongi hasil.

Penulis :

Maysita Are Shaska - LSPR Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Inovasi Anak Muda Bawa Warisan Indonesia ke Ranah Global
Artikel Selanjutnya
Ikut CJA, Mimpi Pemuda dari Desa Itu Perlahan Terwujud